Tindaklanjuti Kerjasama, Nanyang Technological University Singapura Kunjungi UGM

Delegasi NTU saat kunjungan di UGM. Foto: ist
Delegasi NTU saat kunjungan di UGM. Foto: ist

YOGYAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada ( UGM ), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., menerima kunjungan delegasi Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Senin (20/2) di Ruang Tamu Rektor UGM. Delegasi NTU yang dipimpin oleh Prof. Lam Khin Yong berkunjung ke UGM dalam rangka site visit sebagai bentuk tindak lanjut dari kerja sama pendirian Research and Education hub bernama INSPIRASI (Indonesia–NTU Singapore Institute of Research for Sustainability and Innovation).

Kerja sama program INSPIRASI ini diinisasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan NTU dengan menganggandeng UGM, ITS, ITB, dan UI.

Nota kesepahaman bersama pendirian INSPIRASI telah ditandatangani pada 14 Desember 2022 lalu di Jakarta. INSPIRASI diharapkan dapat menjadi hub penelitian kelas dunia dan pendidikan berbasis penelitian di Indonesia. Ruang lingkup program INSPIRASI adalah penelitian terkait renewable energy, circular economy, smart cities, dan eco campus.

“Nantinya akan ada beragam aktivitas seperti student and research exchangejoint research, joint supervision, pengembangan program double degree, pengembangan hilirisasi dan lainnya,” jelas Rektor UGM saat ditemui usai acara.

Rektor mengatakan delegasi NTU melakukan site visit di Fakultas Teknik UGM untuk melihat laboratorium-laboratorium yang nantinya akan dilibatkan dalam pelaksanaan kerja sama, salah satunya adalah laboratorium (Engineering Research and Innovation Center) ERIC. Ia berharap melalui kerja sama ini nantinya bisa tercipta inovasi-inovasi dalam lingkup renewable energy, circular economy, smart cities, dan eco campus yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan seluruh pihak yang terlibat dalam kerja sama. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

51 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com