Menidurkan Bayi Tanpa Rewel? Begini Cara yang Bisa Anda Lakukan

tips menidurkan bayi
tips menidurkan bayi

jogjakartanews.com- Bayi Anda akan memiliki pola bangun dan tidurnya sendiri, dan kemungkinan besar tidak akan sama dengan bayi lainnya. Beberapa bayi tidur lebih lama namun yang lain dalam waktu singkat. Menidurkan bayi tanpa rewel menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi ibu.

Waktu tidur bayi kadang tidak cocok dengan kebutuhan Ibu untuk tidur. Di saat anda mengantuk, justru bayi Anda menangis dan sulit ditidurkan.

Berikut beberapa cara untuk membantu Bayi Anda Cepat tidur.

Susui Hingga Kenyang

Jika Anda sedang menyusui, pada minggu-minggu awal bayi Anda cenderung tertidur untuk waktu yang singkat selama menyusu. Teruskan menyusui sampai menurut Anda bayi Anda telah kenyang atau sampai mereka benar-benar tertidur. Saat bayi Anda tidur, usakan anda juga tidur.

Menggunakan Musik Klasik

Jika sudah disusui hingga kenyang dengan ditandai telah sendawa, Ada tidak usah panik. Cobalah menggendong atau meletakkan bayi di ayunan dengan membunyikan music.

Membiasakan Bayi Tidur Malam Hari

Mengajari bayi Anda bahwa waktu malam berbeda dari siang hari sejak awal adalah hal penting. Pada siang hari, buka gorden, bermain, dan jangan terlalu khawatir dengan kebisingan sehari-hari saat mereka tidur. Sedangkan pada malam hari, jangan mengajak bermain bayi Anda.

Biasakan bayi dalam keadaan sedikit gelap atau remang dan hindarkan dari kebisingan seperti siang hari. Pada malam hari, Anda mungkin merasa terbantu untuk matikan lampu, tidak banyak bicara dan menjaga suara Anda tenang. Turunkan bayi Anda ke tempat tidur segera setelah disusui dan diganti popoknya apabila dirasa te;ah penuh, apalagi kalau BAB.

Jangan mengubah posisi bayi Anda, saat tertidur. Bayi Anda secara bertahap akan belajar bahwa waktu malam adalah untuk tidur.

Tidurkan Bayi di Kamar yang Sama dengan Anda

Selama 6 bulan pertama bayi Anda harus berada di kamar yang sama dengan Anda saat mereka tidur, baik siang maupun malam. Hal ini dapat mengurangi risiko SIDS (sudden infant death syndrome). Terutama di minggu-minggu awal, Anda mungkin menemukan bayi Anda hanya tertidur di pelukan Anda atau pasangan Anda, atau saat Anda berdiri di samping dipan.

Anda dapat mulai membiasakan bayi tidur tanpa Anda dengan meninabobokan sebelum ia tertidur atau ketika ia baru saja selesai menyusu. Mungkin lebih mudah untuk melakukan ini setelah bayi Anda mulai lebih sering atau lebih lama terjaga atau sudah tidak sering tidur.

Jika Anda menggunakan gendongan bayi untuk menggendong bayi Anda, pastikan Anda menggunakannya dengan aman.

Menjadwalkan Waktu Tidur Bayi

Anda mungkin merasa siap untuk memperkenalkan rutinitas sebelum tidur saat bayi Anda berusia sekitar 3 bulan. Memasukkan mereka ke dalam rutinitas tidur yang sederhana dan menenangkan bisa menjadi peluang bagus untuk memiliki waktu istirahat anda dengan bayi Anda.

Rutinitas tidur juga diikuti ritinitas, mandi, berganti pakaian malam dan popok baru, menempatkan mereka di tempat tidur, memutarkan musik tidur atau meninabobokan, meredupkan lampu di dalam ruangan untuk menciptakan suasana tenang, memberikan ciuman dan pelukan selamat malam

Seiring bertambahnya usia anak Anda, akan sangat membantu jika Anda tetap melakukan rutinitas waktu tidur yang sama. Terlalu banyak kegembiraan dan rangsangan sebelum tidur dapat membangunkan anak Anda lagi. Luangkan waktu untuk menenangkan diri dan melakukan aktivitas yang lebih tenang, seperti membaca.

Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Bayi

Seperti halnya orang dewasa, pola tidur bayi dan anak-anak berbeda-beda. Sejak lahir, beberapa bayi membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit tidur daripada yang lain. Jumlah rata-rata tidur yang dibutuhkan bayi dan anak-anak selama periode 24 jam, termasuk tidur siang sebagai berikut:

Kebutuhan tidur bayi baru lahir

Sebagian besar bayi yang baru lahir lebih banyak tertidur daripada terjaga. Total tidur harian mereka bervariasi, tetapi bisa dari 8 jam hingga 16 atau 18 jam. Bayi akan terbangun di malam hari karena perlu diberi makan. Terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa mengganggu tidur mereka.

Kebutuhan tidur pada usia 3 sampai 6 bulan

Saat bayi Anda tumbuh, mereka membutuhkan lebih sedikit makan malam dan akan bisa tidur lebih lama. Beberapa bayi akan tidur selama 8 jam atau lebih di malam hari, tetapi tidak semuanya. Pada usia 4 bulan, mereka mungkin menghabiskan waktu sekitar dua kali lebih lama untuk tidur di malam hari dibandingkan siang hari.

Bayi tidur pada usia 6 hingga 12 bulan

Untuk bayi berusia 6 bulan hingga satu tahun, makan malam mungkin tidak lagi diperlukan dan beberapa bayi akan tidur hingga 12 jam di malam hari. Ketidaknyamanan atau rasa lapar yang tumbuh gigi dapat membangunkan beberapa bayi di malam hari.

Persyaratan tidur dari 12 bulan

Bayi akan tidur total sekitar 12 hingga 15 jam setelah ulang tahun pertama mereka.

kebutuhan tidur anak usia 2 tahun

Sebagian besar anak usia 2 tahun akan tidur selama 11 hingga 12 jam di malam hari, dengan 1 atau 2 kali tidur siang di siang hari.

Persyaratan tidur untuk anak usia 3 hingga 4 tahun

Sebagian besar anak berusia 3 atau 4 tahun membutuhkan sekitar 12 jam tidur, tetapi ini dapat berkisar dari 8 jam hingga 14 jam. Beberapa anak kecil masih memerlukan tidur siang di siang hari.

Mengatasi Tidur Malam Bayi yang Terganggu

Bayi yang baru lahir selalu terbangun berulang kali di malam hari selama beberapa bulan pertama, dan malam yang terganggu bisa sangat sulit diatasi.

Mintalah suami atau saudara Anda untuk membantu. Dorong pasangan Anda untuk berbagi peran. Jika Anda sedang menyusui, mintalah pasangan Anda untuk mengambil alih penggantian pakaian di pagi hari agar Anda dapat kembali tidur.

Setelah Anda melakukan rutinitas menyusui yang baik, pasangan Anda sesekali dapat memberikan sebotol ASI perah di malam hari.

Mengatasi Perubahan Pola Tidur Bayi

Semua bayi mengubah pola tidurnya. Tepat ketika Anda merasa sudah beres dan Anda semua sudah tidur nyenyak, malam berikutnya Anda mungkin bangun setiap 2 jam.

Bersiaplah untuk mengubah rutinitas saat bayi Anda tumbuh dan memasuki tahapan yang berbeda. Dan ingat, percepatan pertumbuhan, tumbuh gigi, dan penyakit semuanya dapat memengaruhi cara tidur bayi Anda.

Jika bayi Anda mengalami masalah tidur atau Anda membutuhkan lebih banyak saran tentang rutinitas, bicaralah dengan petugas Kesehatan, bidan atau dokter anak yang anda percayai. (kt1/cc1)

Redaktur: Faisal

 

 

56 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com