Heboh! Mulai Bertebaran Baliho dan Spanduk Dukungan untuk Pasangan AFNAN FOKKI Duet Balon Wali Kota-Wakil Wali Kota Yogyakarta

Baliho dukungan pasangan Afnan Fokki Maju Pilkada 2024 mulai bertebaran di Kota Yogyakarta. Foto: Rudi
Baliho dukungan pasangan Afnan Fokki Maju Pilkada 2024 mulai bertebaran di Kota Yogyakarta. Foto: Rudi

YOGYAKARTA – Menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Kota Yogyakarta tahun 2024 (Pilkada Yogyakarta 2024), suhu politik mulai terasa menghangat. Meski belum ada Partai Politik yang resmi mengusung Bakal Calon (Balon) Wali Kota maupun Wakil Wali Kota, namun sudah mulai bertebaran baliho dan spanduk dukungan untuk Duet Muamnad Afnan Hadikusumo dan Antonius Fokki Ardiyanto (AFNAN FOKKI) di sejumlah titik Kota Yogyakarta.

Beberapa spanduk dan dan Baliho dukungan Pasangan AFNAN FOKKI diantaranya terpampang di Perempatan Brimob Jalan Gondosuli, Kelurahan Baciro, Kemantren Gondokusuman dan di Jalan Munggur, Kampung Pengok, Kelurahan Demangan, Kemantren Gondokusuman.

Spanduk dan baliho tersebut diantaranya bertuliskan “ Masyarakat Yogyakarta Mendukung AFNAN-Fokki” dan “AFNAN FOKKI Menuju Jogja Bersih”.

Foto besar kedua tokoh berlatar belakang berbeda yang cukup terkenal di Kota Yogyakarta tersebut menarik perhatian masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Afnan adalah tokoh Muhammadiyah dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil DIY dua periode (2009–2014 dan 2014–2019).

Sedangkan Fokki merupakan anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan selama 3 Periode (Sejak 2009 hingg 2024).

Viral Flyer di Media Sosial

Tak hanya baliho dan Banner yang mulai bertebaran, flyer dukungan untuk Pasangan AFNAN FOKKI juga sudah mulai viral di media sosial.

Akun media sosial berbagai platform, dari Face Book, Instagram maupun TikTok dengan nama akun Barisan Relawan Afnan Fokki (@Braffo2024) mulai mengunggah konten-konten kegiatan AFNAN FOKKI maupun flyer-flayer dengan desain yang menarik.

Akun yang belum lama dibuka tersebut sudah mendapatkan pengikut (folowers) ribuan.

Untuk akun IG @braffo2024, misalnya telah diunggah kegiatan Afnan bersama Fokki meninjau TPST 3 Nitikan, Kota Yogyakarta.

Dinarasikan, Afnan yang merupakan Anggota DPD RI dan Fokki yang merupakan Ketua Pansus Sampah DPRD Kota Yogyakarta berkomitmen untuk menyelesaikan krisis sampah di Kota Yogyakarta.

Suara Akar Rumput

Sebelumnya sudah ada 3 kelompok masyarakat arus bawah yang sudah mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan AFNAN FOKKI.

Ketiganya yaitu Paguyuban Ketua Kampung Kota Yogyakarta, Konumitas Penggrobak Sampah Kota Yogkarta dan Ikatan Perempuan Mawar Merah (IKAPER Mawar Merah) yang merupakan komunitas arus bawah PDI Perjuangan.

Koordinator Komunitas Penggobak Sampah Kota Yogyakarta, Agus Budi Santoso mengatakan alasan mendukung Pasangan AFNAN FOKKI karena keduanya merupakan sosok yang sudah terbukti berkomitmen untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Yogyakarta.

“Beliau berdua cukup kami kenal dan memang mulai santer dibicarakan warga Kota Yogyakarta di kalangan bawah bahwa yang akan maju sebagai wali kota besok Pak Afnan dan Mas Fokki sebagai wakil wali kota. Kami percaya beliau berdua akan menuntaskan krisis sampah di Kota Yogyakarta,” katanya, dihubungi Minggu (12/05/2024).

Hal senada juga dikatakan Koordinator IKAPER Mawar Merah Gondokusuman Yogyakarta, Heru Krismiyati mengatakan, Arus bawah PDI Perjuangan yang tergabung dalam IKAPER mendukung Fokki, karena sudah melihat aksi nyata dalam membela kepentingan rakyat kecil Kota Yogyakarta selama 3 periode menjadi anggota DPRD Kota Yogyakarta sejak 2009.

“Kalau Berpasangan dengan Pak Afnan kami yakin duet AFNAN FOKI akan membuat Kota Yogyakarta lebih bersih, masyarakatnya lebih Makmur,” ujarnya saat dihubungi terpisah.

“Kami ketua-ketua Kampung Kota Yogyakarta berharap Partai-Partai Politik memberikan mandat (Rekomendasi) kepada Pasangan AFNAN FOKKI untuk maju Pilkada Kota Yogyakarta 2024, dan kami siap berjibaku untuk memenangkannya,” tandas Koordinator Paguyuban Ketua Kampung Yogyakarta, belum lama ini.

Fokki Klaim Dukungan Masyarakat Murni

Menanggapi maraknya dukungan terhadap dirinya yang dipasangkan dengan Afnan, Fokki mengatakan, dukungan dari masyarakat merupakan bentuk kebebasan berekspresi dan berpendapat yang patut dihargai.

“Saya rasa ini dukungan masyarakat yang organic ya, bukan saya yang memprakarsai. Saya kira sah-sah saja masyarakat Kota Yogya mengharapkan dan menentukan kriteria dan nama-nama Pasangan Calon Pemimpin mereka, termasuk jika mendukung Pak Afnan dan Saya untuk berduet dalam Pilkada Kota Yogyakarta 2024 mendatang,” ungkap Fokki, dihubungi Minggu (12/05/2024) pagi.

Fokki mengaku sudah banyak kelompok masyarakat yang memberikan dukungan kepadanya untuk Maju menjadi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta mendampingi Afnan Sebagai Calon Walli Kota Yogyakarta.

“Tentu saya berharap apa yang menjadi harapan masyarakat Kota Yogyakarta ini terwujud. Saya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yeng memberikan kepada saya khususnya,” pungkas Fokki.

Untuk diketahui, Fokki sudah resmi mendaftar sebagai Balon Wakil Wali Kota Yogyakarta melalui penjaringan DPC. PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Afnan mengikuti penjaringan di Partai Golkar. Cucu pahlawan nasional Ki Bagus Hadikusumo itu santer disebut sebagai kandidat kuat yang mewakili kelompok Muhammadiyah.(pr/kt1)

Redaktur: Faisal

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com