Kadipaten Puro Pakualaman Berikan Gelar Bangsawan kepada Gita Wirjawan


Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. tampak diantaranya Menpora , Roy Suryo. Foto/yanuar

YOGYAKARTA - Kadipaten Pakualaman Yogyakarta kembali memberikan gelar kepada 87 kerabat kraton maupun luar kraton yang memiliki prestasi di beberapa sektor

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan salah satu krabat luar kadipaten yang menerima gelar bangsawan dari Kraton Pakualaman, Yogyakarta, pada Kamis pagi (09/01/2014). Gelar tersebut diberikan atas jasa-jasanya yang diberikan kepada kadipaten Pakualaman.

Dalam prosesi tersebut Gelar diberikan secara langsung oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam IX di Puro Pakualaman melalui prosesi upacara adat kraton Pakualaman.

Pemberian gelar ini merupakan acara tahunan sekaligus memperingati 78 tahun Sri Paduka KGPPA Paku Alam IX Yang di gelar di Bangsal Sewatama puro Pakualaman.

Dalam prosesi upacara adat pemberian gelar kepada sejumlah kerabat kraton tersedia pula hidangan yaitu berupa Nasi tumpeng sebanyak 78 buah, sesuai dengan usia Sri Paduka.

Semenatara itu Setelah menerima gelar kebangsawanan, Gita Wiryawan menerima nama baru yaitu Bupati Sepuh KRT Jojonegoro. Gelar yang diberikan merupakan hak preogratif KGPPA Paku Alam yang mendapat masukan dari panitia khusus Puro Pakualaman.

Menurut Gita gelar yang di berikan oleh pakualam sangat berharga dan pengakuan yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. "Pastinya akan lebih mementingkan terhadap kepentinga rakyat indonesia setelah menerima gelar dari puro pakualam," tambahnya, Kamis (9/1/2014).

Dalam Menyesuikan dengan kraton, Menteri Perdagangan Gita Wiryawan juga terlihat mengenakan pakaian adat Jawa, beskap warnah hijau muda lengkap dengan blangkon dan lilitan jarit serta keris yang didampingi oleh istrinya serta Menpora Roy Suryo selaku krabat Kraton Pakualaman Yogyakarta. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 


 



Terpopuler


Baca Juga