Kamis, 30/01/2014 19:54 WIB | Dibaca: 4293 kali

Menikmati ‘Berkat Dalem' di Tengah Sawah Plumbungan


Wisatawan menikmati hidangan khas Kampung Kuliner Plumbungan. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Gunungkidul memiliki beragam kawasan wisata. Tetapi kawasan wisata kuliner yang menyuguhkan makanan khas zaman leluhur hanya ada di Kampung Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk.

Menu utama di Kampung Wisata Kuliner Plumbungan adalah Ingkung Jawa (ayam goreng Jawa utuh) yang disajikan dengan sego berkat. Sajian tersebut dinamakan 'Brekat Dalem' sebutan yang berarti Sego-nasi Berkat (brekat) Kami (Dalem).

"Sego berkat terdiri dari nasi gurih, berbagai rempah mulai kedelai goreng, potongan-potongan kecil kubis, kacang goreng serta peyek yang diremuk," kata Kepala Dukuh Plumbungan, Sulistyo kepada Jogjakartanews.com, Kamis (30/1/2014) tadi.

Selain menu yang beda dari yang lain, Kampung Wisata Kuliner Desa Pumbungan juga menyajikan masakan tempo dahulu itu di pematang sawah. Pemadangan khas pedesaan menambah kenikmatan menyantap Berkat Dalem ala kampung wisata kuliner Plumbungan.

Suasana yang seperti itu ternya menjadi magnet ampuh untuk menarik wisatawan luar daerah. Dengan sisuguhui keindahan persawahan dengan kontur tanah yang berundak teras sering membuat suasana wisatawan kembali tentram setelah pening dipadati aktivitas keseharian di perkotaan.

"Di perkotaan sulit sekali menemukan wisata kuliner seperti ini. Harganya juga sangat terjangkau, satu paket Brekat Dalem hanya dihargai Rp 125 ribu, itu sudah termasuk dengan minuman yang dapat dinikmati untuk 5 atau 6 orang. Untung saya mampir sini, kalau jauh-jauh dari kota saya (Surabaya) tidak mampir sini rugi," ungkap salah seorang wisatawan Retno (32). (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga