Selasa, 04/02/2014 22:14 WIB | Dibaca: 1713 kali

Dua Pejabat Daerah Diwisuda menjadi Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta


Wisuda abdi dalem. doc.istimewa

YOGYAKARTA - Kraton ngayogyakarta hadiningrat hari ini mewisuda 120 abdi dalem, yang digelar di bangsal kesatrian. Acara wisuda yang digelar 2 kali dalam setahun tersebut dipimpin oleh adik sri sultan HB X, KGPA Hadiwinoto, selain pengangkatan abdi dalem baru sejumlah pejabat daerah juga mendapatkan kenaikan pangkat seperti bupati kulon progo Hasto Wardoyo dan walikota Yogya Haryadi Suyuti.

Penghageng Tepas Dwarapura KRT Jatiningrat menjelaskan, Wali Kota Yogyakarta naik pangkat menjadi Bupati Sepuh di Keraton dengan menyandang gelar Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) H Kusumadipura. Sementara Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo diangkat sebagai Bupati Anom dengan gelar KMT H Hastahusadadipura.

"Sebelumnya walikota Yogya memiliki gelar Bupati Anom dan sekarang diangkat sebagai Bupati Sepuh," ujarnya Selasa (04/2).

Sementara itu KGPH Hadiwinoto mengatakan hal ini sengaja dilakukan kraton untuk melakukan penataan dan kaderisasi.

"Kami berharap dengan diangkatnya sejumlah abdi dalem dapat mampu bekerja sama dalam melestarikan tradisi kebudayaan jawa," harap adik Sri Sultan HB X.

Selain pejabat pemerintah, beberapa anggota Sekber Keistimewaan juga ikut diwisuda sebagai abdi dalem yakni Edy Suryatmo dan Jiyono. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga