Setelah Dilanda Gempa, Kini Ratusan Rumah di Cile Dilalap Si Jago Merah


Kebakaran Cile. Foto/BBC

VALPARAISO - Setelah diterjang gempa pada awal April kemarin, kini Minggu, (13/4/2014) penduduk Cile khusunya di Kota Valparaiso harus menghadapi ganasnya si jago merah. Ribuan orang dikabarkan mengungsi.

Seperti yang dilansir dari BBC, kebakaran besar telah melalap lebih dari 150 rumah di kota pelabuhan Valparaiso, Cile. Ribuan orang terpaksa mengungsi dari kota itu untuk menghindari lidah api yang semakin merambat ke daerah perkotaan karena angin kencang yang datang dari Samudera Pasifik.

Presiden Michelle Bachelet, telah menugaskan tentara untuk melakukan evakuasi setelah menetapkan kota Valparaiso sebagai daerah bencana. Belum ada laporan mengenai korban jiwa tetapi banyak orang menderita gangguan nafas karena asap tebal. Sebagian besar wilayah Valparaiso juga mengalami pemadaman listrik.

Walikota Jorge Castro berbicara kepada Televisi Nasional Cile bahwa tenda-tenda pengungsian sudah disiapkan untuk ribuan warga yang terpaksa keluar dari rumah.

"Valparaiso tanpa listrik saat ini dan lidah api merambat dengan cara yang tampaknya tak terkendali," kata Castro seperti yang dilansir dari BBC.

Upaya untuk memadamkan api terhambat oleh angin pantai Pasifik yang kuat sehingga mendorong api lebih dalam lingkungan kota. "Cuaca memperumit situasi," kata pejabat darurat Guillermo de la Mazza.

Belum ada kabar terkait penyebab kebakaran. Kini pemerintah setempat sedang fokus pada upaya evakuasi. "Evakuasi adalah prioritas utama kami, bersama dengan mengendalikan api itu sendiri," pungkasnya. (war)

Redaktur: Azwar Anas


 


 





Baca Juga