Rabu, 16/07/2014 12:29 WIB | Dibaca: 1375 kali

Ada Himbauan Keras Bagi Pemudik Dengan Sepeda Motor


Kecelakaan sepeda motor di depan Halte Monas beberapa waktu lalu. Foto: Dedi

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Hal itu dikarenakan sepeda motor mendominasi angka kecelakaan selama arus mudik lebaran.

Juru Bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan, berdasar data Ditlantas Polri menyebutkan, sebanyak 3.875 unit sepeda motor yang terlibat kecelakaan terjadi hingga enam hari setelah Lebaran di Indonesia pada tahun 2013 lalu.

"Polri mencatat sekitar 3.061 kecelakaan. Sebanyak 686 orang meninggal dunia, 1.120 orang mengalami luka berat dan 4.034 luka ringan akibat kecelakaan tersebut. dan sepeda motor yang paling mendominasi," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/07/2014).

Rikwanto menyarankan, sebaiknya pemudik menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api. Sementara, sepeda motornya diangkut menggunakan kereta api atau truk. Selain lebih aman, juga secara ekonomi lebih efektif.

"Nanti di tempat tujuan motornya bisa diambil lagi, untuk digunakan silaturahmi ke saudara yang jaraknya relative dekat dan tidak padat kendaraan. Itu lebih aman," imbaunya. (lia)

Redaktur: Tarnowo

 

 


 





Baca Juga