Senin, 22/12/2014 22:41 WIB | Dibaca: 2863 kali

HMI Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor Banjarnegara


Tim medis LKMI HMI bantu korban Banjarnegara. Foto:doc/HMI

BANJARNEGARA - Para kader Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Himpunan Mahasiswa Islam (LKMI-HMI) menyalurkan bantuannya kepada masyarakat korban longsor di Dusun Jemblungan, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tim relawan tenaga medis berangkat dari Jakarta ke lokasi bencana sejak Jum’at (19/12/2014).

Bantuan yang diberikan berupa pelayanan kesehatan bagi korban yang menderita penyakit pasca bencana, dan juga beberapa barang-barang yang dibutuhkan korban seperti selimut, pembalut, dan popok bayi.

Sekretaris Direktur Badan Koordinasi Nasional LKMI Pengurus Besar HMI (Bakornas LKMI PB HMI), Kiki Ratna Gumilar, mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian HMI kepada para korban Bencana Longsor Banjarnegara. menurutnya memang sudah menjadi kewajiban para pemuda untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tertimpa musibah.

“Menyadari pentingnya peran pemuda pada upaya membangun masyarakat yang sehat, maka kami secara aktif akan terus memberikan bantuan-bantuan pada masyarakat korban bencana. Sangat disadari bahwa pasca bencana, mereka tentu berada pada kondisi yang tidak berdaya untuk menjaga kesehatannya, sehingga memerlukan bantuan dari para relawan,” ungkap Kiki dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com, Senin (22/12/2014) siang.

Selain dari Bakornas LKMI HMI, hadir pula perwakilan dari Komite Tanggap Bencana Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. Abd. Halik Malik, MM, dan juga Pengurus HMI Cabang Purwokerto yang membatu meringankan korban bencana.

“Sangat disadari bahwa kegiatan seperti ini memang memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Syukur Alhamdulillah pemberian bantuan ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga kami dapat memberikan pelayanan secara optimal. Di lokasi, kami bersama dengan Kopassus dan TBM Vagus melayani sekitar 250 pasien di dua titik pengungsian,” Jelas Dr. Taufan Tuarita selaku penanggung jawab Tim Medis dari LKMI HMI.

Pada Minggu (21/12/2014), setelah memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban longsor di Desa Laksana dan Desa Purwodadi, tim kemudian berkumpul di Puskesmas Karangkobar untuk menyalurkan bantuannya.

Bantuan diterima oleh pihak Puskesmas untuk kemudian disalurkan kepada para korban. Hadir pada pemberian bantuan ini, Pengurus IDI Cabang Banjarnegara yang juga membuka posko kesehatan di lokasi tersebut sejak bencana terjadi.(pr/hmi)

Redaktur: Tarnowo


 





Baca Juga