Demi Bantu Perkembangan Anak Yatim, Muslim Aid Yogyakarta Berikan Program Wirausaha


doc/ma

YOGYAKARTA - Demi membantu mengembangkan potensi anak-anak yatim dan kaum dhuafa, Muslim Aid Yogyakarta mengadakan kegiatan pendampingan rutin khusus kepada anak-anaik yatim yang tergabung dalam program Rainbow Family Yogyakarta. Kegiatan pendampingan tersebut mencakup pendampingan pendidikan, akhlak, peningkatan kapasitas kesehatan pribadi, sanitasi maupun keterampilan berwirausaha.

“Bulan ini Muslim Aid memberikan pelatihan keterampilan untuk membuat kerajinan dari kain flannel kepada 30 anak yang tergabung dalam program Rainbow Family Muslim Aid Yogyakarta,” ujar Program Officer Muslim Aid Yogyakarta, Marwanto menjelaskan kepada jogjakartanes.com, Rabu (18/032015). “Sangat penting menanamkan daya kreativitas dan jiwa wirausahawan sejak dini, dan kami berharap agar kelak mereka memiliki keterampilan yang dapat digunakan sebagai bekal bagi kehidupan mereka di masa datang.” Katanya lagi.

Menurut Marwanto, keterampilan dari kain flannel dipilih karena bahan dasarnya yang murah dan menghasilkan kerajinan yang bernilai ekonomi. Di samping itu, usaha kreasi dari kain flannel dianggap memiliki prospek bisnis yang cukup baik. Sebab animo konsumen yang mencakup segala usia serta proses pembuatan yang mudah, tidak memakan waktu lama dan modal yang tidak terlalu besar.

Sehingga anak-anak bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk mengerjakannya serta berlatih memasarkan hasilnya di lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini menghasilkan beberapa produk menarik seperti gantungan kunci dan tempat perhiasan.

Anak-anak, kata Marwanto juga merasa senang telah mendapatkan pelatihan dari Muslim Aid Yogyakarta. Seperti yang disampaikan Diah Ayu salah satu anak Rainbow Family, “Saya sangat beruntung sekali bisa bergabung dengan program Rainbow Family Muslim Aid. Banyak pelajaran dan hikmah yang saya dapat selama ini serta adanya peningkatan ketrampilan seperti saat ini yang saya terima.”

Muslim Aid yakin bahwa penanaman jiwa entrepreneurship pada anak harus ditanamkan sejak dini agar kelak anak-anak dari keluarga tidak mampu bisa bersaing dalam dunia usaha. Anak-anak juga diajarkan untuk memulai hal-hal kecil yang bermanfaat dengan sungguh-sungguh dan tekun agar menjadi manusia yang berkarakter dan mandiri.  

Selain itu Muslim Aid juga memberi bantuan dana sekolah serta biaya kehidupan sehari-hari sebagai dukungan penuh bagi keberlangsungan pendidikan anak-anak hingga tingkat SMA. Setiap bulan masing-masing anak mendapatkan kiriman dana langsung ke rekening yang telah disiapkan. (pr)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga