Kamis, 19/03/2015 16:08 WIB | Dibaca: 2129 kali

Taruna Lattek Navigasi Astronomi andar di Banjarmasin


doc/aal

SURABAYA - Sebanyak 36 taruna dan 5 taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II angkatan 62 Korps Pelaut yang melaksanakan Latihan dan Praktek (Lattek) Navigasi Astronomi dengan KRI Teluk Banten 516 sandar di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kamis (19/03/2015). Kedatangan Lattek yang dipimpin oleh Perwira Pelaksana Latihan Mayor Laut (P) Pius Hendarsa M, S.T., ini disambut langsung oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto beserta jajarannya dan juga dari Saka Bahari SMAN 3, SMAN 7 serta SMA Binaan Gubernur Kalimantan Selatan.

Danlanal Banjarmasin dalam sambutannya menuturkan bahwa kunjungan tersebut adalah dalam rangka singgahan Taruna tingkat II angkatan ke-62 dalam praktek Navigasi Astronomi. Disamping juga agar para taruna berinteraksi dengan para siswa SMAN 3, SMAN 7 serta SMA Binaan Gubernur Kalimantan Selatan. "Tujuannya, menarik minat para pelajar untuk masuk menjadi Taruna dan Taruni AAL," kata Danlanal dalam sebuah kepada jogjakartanews.com

Sementara itu bagi para taruna, latihan ini dimaksudkan untuk mempraktekkan ilmu yang telah didapat di akademi yaitu kemampuan keterampilan taruna di bidang navigasi laut dengan menggunakan referensi benda angkasa sebagai pedoman pelayaran saat peralatan navigasi kapal mengalami kerusakan.

Palaklat Mayor Laut (P) Pius Hendarsa M, S.T.,, S.T. mengatakan tujuan Lattek Navigasi Astronomi agar para taruna mampu menerapkan teori yang selama ini telah diperoleh di kelas ke dalam bentuk praktek yang meliputi perhitungan sunset/sunrise, moonset/moonrise, menentukan kesalahan gyro kompas dan menentukan posisi dengan menggunakan bintang. "Selain itu pula para calon asisten kepala divisi navigasi ini juga mempraktekkan menggunakan sextant yaitu alat navigasi di laut yang digunakan untuk mengukur ketinggian benda-benda langit di atas cakrawala agar dapat menentukan posisi kapal," kata Pius.

Rencananya rombongan satgas lattek yang berada dibawah komando Komandan KRI Teluk Banten 516 Letkol Laut (P) Dados Raino ini akan melaksanakan latihan navigasi astronomi selama 10 hari (16-26 Maret). (pr)

Redaktur; Aristanto Zamzami


 





Baca Juga