Jumat, 10/04/2015 21:14 WIB | Dibaca: 1376 kali

Menko Polhukam Kunjungan Kerja di AAL


Kunjungan Menkopolhukam di AAL. Foto: doc/AAL

SURABAYA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., melaksanakan kunjungan kerja ke Akademi Angkatan Laut (AAL) Jumat (10/04/2015).

 

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menko Polhukam disambut secara langsung oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E. di Ruang transit, Gedung R. Soebiyakto, AAL, Bumimoro, Surabaya.

Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E., dalam sambutannya antara lain menyampaikan, bahwa pada tahun 2015 ini, AAL mendidik sejumlah  288 taruna yang terdiri dari 99 taruna tingkat IV angkatan ke-60, 90 taruna tingkat III angkatan ke-61 dan 99 taruna tingkat II angkatan ke-62. Sedangkan tiga taruna sedang melaksanakan pendidikan di NDA (Naval Defence Academy) Jepang.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 244/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010, AAL diizinkan menyelenggarakan program studi D IV Manajemen Pertahanan Matra Laut untuk  korps Pelaut, dengan akreditasi A, D IV Teknik Mesin kapal perang untuk korps Teknik, dengan akreditasi B, D IV Teknik Elektronika kapal perang untuk korps Elektronika, dengan akreditasi A, D IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut untuk korps Suplai, dengan akreditasi A, D IV Manajemen Pertahanan Matra Laut aspek darat untuk korps Marinir, dengan akreditasi A yang pada akhirnya lulusan para taruna AAL akan mendapatkan gelar kesarjanaan S.T. Han (Sarjana Terapan Pertahanan).

“Sejalan dengan paradigma baruTNI AL menuju Angkatan Laut kelas dunia (World Class Navy),  AAL turut merespon dan menyikapinya dengan menjadikan Akademi Angkatan Laut sebagai akademi angkatan laut berkelas dunia (World Class Naval Academy). Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan terus delapan aspek dan 10 komponen pendidikan yang diharapkan nantinya lulusan Taruna AAL mempunyai kualitas yang dapat bersaing dengan taruna-taruna akademi angkatan laut negara-negara maju lainnya,” papar Gubernul AAL dalam keterangan resmi yang diterima jogjakartanews.com, Jumat (10/04/2015).

Selama kunjungan di AAL, Menko Polhukam yang Alumnus AAL XXI tahun 1975 ini banyak bercerita tentang nostalgia saat masih menjadi Taruna AAL. Seperti saat melihat daftar tulisan alumni AAL yang mencapai karir tertinggi, pria kelahiran Magelang ini terlihat bangga dengan banyaknya alumni AAL yang mampu memberikan pengabdian tertinggi kepada bangsa dan negara. Usai berbincang, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan berkeliling untuk melaksanakan peninjauan berbagai fasilitas yang ada di AAL dan Kobangdikal. 

Dalam kesempatan itu, Menkopolhukam didampingi Plt. Kabakamla Laksdya TNI Dr. D.A. Mamahit, M.Sc., Aspers KSAL Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo, dan Dankobangdikal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E. dan sejumlah pejabat TNI AL lainnya. (pen/AAL)

Redaktur: Rizal

 


 





Baca Juga