Selasa, 04/08/2015 13:46 WIB | Dibaca: 1646 kali

Ketat, Jalur Terakhir Masuk UIN Sunan Kalijaga Dimulai


ilustrasi. foto: doc/ist

YOGYAKARTA - Lebih dari enam ribu perserta berlomba-lomba duduk di kursi panas bernama ter masuk jalur reguler khusus UIN Sunan Kaliaga Yogyakarta. Tes masuk yang merupakan jalur terakhir untuk bisa kuliah di Kampus Islam itu mulai digelar pada hari ini, Selasa hingga Rabu (04-05/08/2015). Kuota yang tersedia ditambah nuansa 'kesempatan terkahir' membuat suasana ujian terasa begitu ketat.

Salah seorang peserta, Kifli (17) mengaku gugup menjalani tes masuk tersebut. Sebabnya, pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya banyak peserta yang bergurguran khususnya yang berasal dari kampung halamannya, Sumenep, Madura.

"Gugup juga, banyak soalnya dari kampung saya kemaren pada tidak lulus, jadi ada rasa malu juga nanti kalau sampe membawa kabar ketidaklulusan di rumah. Tetapi bagaimanapun saya harus optimis," terangnya kepada Jogjakartanews.com ditemui setelah pelaksanaan ujian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Jogjakartanews.com, dari enam ribuan peserta yang mengikuti tes masuk jalur reguler khusus, hanya ratusan peserta yang akan diterima. Hal itu mengingat kuota yang tersedia melalui jalur ini hanya tersisa 20 persen saja.

"Animo masuk UIN Suka saat ini tinggi sehingga persaingan masuk UIN Suka menjadi sangat ketat," jelas Ketua Admisi UIN Suka Dr. Casmini M.Ag.

Menurut Dr. Casmini, sebanyak 24 peserta Difabel juga turut serta dalam tes masuk. (ning)

Redaktur: Herman Wahyudi


 



Terpopuler


Baca Juga