Jumat, 07/08/2015 13:10 WIB | Dibaca: 2367 kali

Outbond, Latihan Kepemimpinan Ala Taruna AAL


Taruna AAL saat berusaha menyelesaikan salah satu tantangan pada kegiatan outbond. foto: doc/aal

SURABAYA - Bagi taruna AAL, kegiatan outbond tidak hanya aktifitas bermain dan senang-senang belaka. Outbond bagi AAL adalah latihan untuk mengasah skill memimpin yang didasarkan pada kemampuan energi, stabilitas emosi, human relationship, personal motivation, communication skill, teaching skill, social skill dan technical Competent.

Hal itu seperti terlihat dalam kegiatan Outbond Training di Puslatpur Marinir Purboyo yang dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 2 hingga 6 Agustus 2015 kemarin. Outbond yang diselenggarakan oleh Departemen Kepemimpinan Akademi Angkatan Laut dengan perwira pelaksana latihan (Praklat) Mayor Laut Amir Fauzi itu menyajikan aneka kegiatan permainan yang menarik untuk mengasah skill memimpin para taruna yang terdiri dari 98 taruna tingkat III angkatan 62. Salah satu yang menarik tentunya adalah firewalk.

Firewalk berupa sebuah simulasi berjalan diatas api yang fungsinya tentu adalah mengasah mental dan keberanian taruna sebagai calon pemimpin. Sehingga kelak mampu melewati tantangan dan hambatan yang ada di depan tanpa rasa takut dan ragu.

“Api bisa menjadi sesuatu yang  menyenangkan dan bukan menakutkan kalo kita berani dan bisa menaklukannya. Seorang akan menjadi besar kalau bisa melewati tantangan dan hambatan. Dalam menghadapi  tantangan dan hambatan dibutuhkan keyakinan dan keberanian untuk melakukannya. Untuk itu tugas kalian selama menempuh pendidikan adalah berlatih dan belajar,” kata Kepala Departemen Kepemimpinan AAL Kolonel Marinir Budi Santoso sebagaimana dalam rilis AAL yang dikirm kepada Jogjakartanews.co, Jum'at (07/08/2015)

Disamping itu, Gubernur juga menegaskan bahwa pendidikan di AAL akan mengarah kepada pembentukan pendidikan karakter.

“Tanpa karakter yang kuat orang hebat dan orang pintar tidak memiliki arti apa-apa," tegasnya. (pr)

Redaktur: Aristianto Z.


 





Baca Juga