Sabtu, 07/11/2015 14:03 WIB | Dibaca: 1015 kali

Akibat Kebakaran Hutan Merapi, Tanaman Endemik Musnah


ilustrasi. Foto: Istimewa

YOGYAKARTA – Kebakaran di kawasan Gunung Merapi pada Minggu (01/07/2015) lalu menyemabkan tanaman yang asli berasal dari  Hutan Merapi (endemic), terbakar. Diantaranya pohon Puspa yang bernama latin achima walichii, Berasan (tarennoidea wallichii) dan Pinus Merapi.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Tri Edy Sutiarto mengatakan, Pihaknya berencana menanam kembali pohon yang terdampak kebakaran tersebut tahun depan.

“Kebakaran di Gunung Merapi berimbas pada ekosistem  di TNGM. Pohon untuk restorasi yang memiliki ketinggian 1 hingga 2 meter juga ikut terbakar. Untuk Kecamatan Dukuh itu dominan pinus yang terbakar karena dulu dikelola Perum Perhutani,” ungkapnya kepada wartawan, belum lama ini di Yogyakarta.

Selain tanaman, kata dia, sejumlah hewan, juga banyak yang menjadi korban atau pergi menyelamatkan diri. Namun hingga saat ini, pihaknya belum mendapat laporan terkait kemungkinan binatang buas yang masuk ke pemukiman warga. 

Dijelaskan, Tri Edi, kebakaran hutan di kawasan Gunung Merapi mencapai ratusan hektare (ha) di wilayah Kabupaten  Magelang.

“ Itu meliputi Srumbung dan Dukuh, kebakaran mencapai 78 ha, sementara di Boyolali mencapai 23 ha.  Semua sudah bisa dipadamkan, dan tidak berakibat kabut asap," pungkasnya. (kt 1)

Redaktur: Rizal


 



Terpopuler


Baca Juga