Kamis, 28/01/2016 20:21 WIB | Dibaca: 1506 kali

Kapal Latih Taruna Produk Dalam Negeri Masih Prima


KAL Taruna V produk dalam negeri sandar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya. Foto:doc.aal

SURABAYA  – Kondisi Kapal Latih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dinyatakan masih prima dan siap mendukung latihan para taruna setiap saat. Hal tersebut disampaikan  Komandan KAL Taruna V Mayor Laut (P) Shodikin kepada  Wakil Gubernur (Wagub) AAL Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto, S.E., M.M saat meninjau Kapal Latih Taruna AAL yang tengah sandar di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya  Rabu (27/01/2016).

”Kunjungan bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi kapal tersebut yang merupakan Kapal Latih Taruna AAL,” tutur Wagub AAL dikutip dari keterangan resmi Penerangan AAL yang diterima redaksi jogjakartanews.com, Kamis (28/01/2016).

Disebutkan,  Kapal Latih Taruna AAL berjumlah empat buah, yaitu KAL Taruna I yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Dedi Gunawan, KAL Taruna II yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) Eko, KAL Taruna  III yang dikomandani oleh  Kapten Laut (P) Leonardus serta KAL Taruna V yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Shodikin. KAL tersebut berada dibawah komando Direktur Pendidikan (Dirdik) AAL yang sekarang dijabat oleh Kolonel Laut (P) Budi Jatmiko, S.T., M.A.P.

Beberapa lokasi yang ditinjau Wagub AAL diantaranya adalah bagian luar kapal, haluan kapal, lambung kapal dan anjungan kapal. Saat berada di anjungan, Wagub AAL beserta para Pejabat Utama AAL mendapat penjelasan dari Komandan KAL Taruna V Mayor Laut (P) Shodikin, terkait kondisi kapal latih.

Diinformasikan Mayor Shodikin, KAL Taruna V adalah KAL Type PC 40 yang merupakan kapal produk dalam negeri yang dibuat oleh Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Jakarta pada tahun 2009.

“Kapal ini memiliki panjang 40 meter, lebar 7,8 meter, dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 26 knot, sedangkan kecepatan jelajahnya mencapai 19 knot perjam,” jelasnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut para Pejabat Utama AAL, diantaranya Sekretaris Lembaga (Seklem) AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dirrenbang) AAL Kolonel Laut (P) Irwan Achmadi, Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadep Iptek) Isworo Sutrisyanto, S.H., M.A.P., Kepala Departemen Teknik (Kadeptek) AAL Kolonel Laut (T) Meidy Eka Putra Suryana, S.T., M.M., Kepala Departemen Elektronika (Kadeplek) AAL  Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.T., M.M., serta Pekas AAL Letkol Laut (S) Imam Mahdi, S.H. (pr*/aal)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga