Jumat, 29/01/2016 21:12 WIB | Dibaca: 3132 kali

Indeks Pembangunan Manusia DIY Peringkat Dua Nasional


ilustrasi. Doc: jogjakartanews.com

YOGYAKARTA – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati peringkat dua nasional setelah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Hal tersebut merupakan buah kerja keras  dan koordinasi  yang baik  seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daderah  di Pemerintah  Daerah DIY.

“IPM di DIY menempati urutan ke 2 tingkat Nasional meskipun pertumbuhan ekonomi fluktuatif sebesar 3,09 % karena dipengaruhi perekonomian nasional. Hal ini membuktikan bahwa semakin hari kinerja Pemerintah DIY juka semakin baik dan meningkat. Sedangkan serapan  APBN DIY di tahun 2015 juga menempati nomor 2 setelah Lampung dan serapan terendah Sumatra selatan,” kata Kepala Bappeda DIY Drs. Tavip Agus Rayanto.Msi dikutip keterangan pers Humas Kominfo DIY yang diterbitkan Sabtu (29/01/2016).

Dikatakan Tavip, sektor pariwisata dari tahun 2013 hingga tahun 2015 mengalami peningkatan yang signifikan. Namun demikian, kata dia,  DIY tetap harus bekerja keras supaya masa tinggal wisatawan, baik domestic maupun mancanegara lebih lama, agar berdampak pada  meningkatnya perekonomian masyarakat DIY.

Terkait penanganan kemiskinan di DIY, Tavip mengatakan bahwa angka kemiskinan mengalami penurunan yaitu tinggal 13,16 % .

Sementara DR.Murti Lestari dari MAP UGM Yogyakarta selaku tim evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah di DIY dan Kabupaten/Kota se DIY mengatakan, konsultasi dan koordinasi program pembangunan yang dilakukan Pemda Kabupaten /Kota se DIY dengan Pemda provinsi DIY masih perlu penyempurnaan

“Masih ada beberapa program yang belum  linier dengan Provinsi sehingga kedepan koordinasi dan konsultasi perlu ditingkatkan lagi,” katanya. (pr*/hms)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga