Jumat, 08/04/2016 15:50 WIB | Dibaca: 1660 kali

Pemkot Jogja Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor


Sosialisasi Pemilihan Pemuda Pelopor Kota Jogja di Kantor Kesbang. Foto: Candra

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) menggelar Pemilihan Pemuda Pelopor. Kegiatan tersebut akan menyasar pemuda-pemuda potensial perwakilan dari seluruh kelurahan yang ada di kota Yogyakarta.

Kepala Seksi (Kasi) Kepemudaan Kesbang Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo,SE mengatakan, tujuan diselenggarakannya pemilihan pemuda Pelopor adalah untuk mencari bibit-bibit unggul pemuda sebagai pelopor penggerak kegiatan kepemudaan yang akan berkontribusi positif bagi kemajuan Kota Yogyakarta.

“Nantinya diharapkan pemuda pelopor ini akan menggerakkan pemuda-pemuda lainnya, agar kota Jogja lebih baik sesuai harapan masyarkat, yaitu kota Pelajar yang kaya akan inovasi dan kreatifitas positif anak mudanya," kata Husni dalam sosialisasi Pemilihan Pemuda Pelopor yang dihadiri perwakilan Kecamatan dan kelurahan si Kota Yogyakarta, Jumat (08/04/2016) siang.

Dijelaskan Husni, ada lima bidang kepeloporan yang dilombakan dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Tahun 2016 ini. Masing-masing adalah Bidang Pendidikan; Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata, dan Bela Negara; Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan; Bidang Pangan; serta Bidang Teknologi Tepat Guna , Komunikasi dan Informasi.

Pendaftaran Pemilihan Pemuda Pelopor  dibuka mulai  11 hingga 29 April Mendatang di Kantor Kesbang Kota Yogyakarta setiap hari kerja. Pada hari Senin – Kamis dimulai sejak pukul 07.30 – 15-30 Wib. Khusus Hari Jumat dari pukul 07.30 – 14.30 Wib.

“Formulir bisa di dapatkan di kelurahan atau kecamatan setempat. Jumlah peserta untuk setiap kelurahan tidak kami batasi, sehingga semua pemuda di Kota Jogja ini berkesempatan menjadi pemuda pelopor,” Kata Husni.

Adapun syarat dan ketentuan peserta adalah pemuda usia 16 – 30 tahun pada 28 Oktober 2016, penduduk Kota Yogyakarta dibuktikan dengan KTP atau KK bagi yang belum berusia 17 tahun. Syarat lainnya, belum pernah menjadi juara pemilihan Pemuda Pelopor di Kota Yogyakarta dan tidak pernah terlibat kasus hukum atau kriminal .

Dewan juri yang akan memberi penilaian dalam pemilihan Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta antara lain Drs. Achmad Charris Zubair, MA (Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta), selaku ketua dewan juri. Kemudian juri anggota  Drs.Ki Sutikno (akademisi ), Hariawan Emir Nuswantoro ,SS (Tokoh Pemuda), Drs.sihono ,HT (Persatuan Wartawan Indonesia/PWI Yogyakarta), dan Husni eko prabowo,SE ( Kantor Kesbang Kota Yogyakarta).

“Pemenang dari masing-masing kategori yang diperlombakan akan mendapatkan piagam dan bantuan uang pembinaan dari Pemkot Yogyakarta,” tutupnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga