Bersama BEM dan OKP Se Kota Jogja, Kesbang Siapkan Pemimpin Masa Depan


Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pemuda Kota Yogyakarta. Foto: Candra

YOGYAKARTA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari seluruh Perguruan Tinggi bersama Organisasi Kepemudaan (OKP) se Kota Yogyakarta berkomitmen untuk menguatkan kebhinnekaan, guna menghadapi tantangan bangsa di masa mendatang.

Hal tersebut mengemuka dalam  kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pemuda Kota Yogyakarta yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta, belum lama ini.

Kepala Kantor Kesbang Kota Yogyakarta, Drs. Sukamto mengatakan, potensi dis integrasi atau perpecahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), saat ini menjadi salah satu masalah yang serius. Menurutnya, berkembangnya paham-paham ekstim yang bertolak belakang dengan ideologi  Pancasila, hingga perusakan moral generasi muda Bangsa Indonesia dengan Narkoba kian memprihatinkan.

“ Oleh karenanya, menyiapkan generasi pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk menjaga persatuan bangsa menjadi keniscayaan. Kami memfasilitasi BEM dari berbagai perguruan tinggi dan OKP se Jogja untuk berdiskusi. Ini sebagai upaya untuk lebih menguatkan Kebhinnekaan. Sebab Jogja ini miniatur Indonesia. Pelajar dan mahasiswa datang dari berbagai daerah,” kata Sukamto, Sabtu (26/11/2016).

Sementara Kasi Kepemudaan selaku pelaksana kegiatan, Husni Eko Prabowo mengatakan, selaian perwakilan BEM, dalam kegiatan juga dilibatkan organisasi kepemudaan, serta tokoh-tokoh pemuda. Kegiatan bertajuk “Kami Siap Menjadi Pemimpin Masa Depan” yang diselenggarakan di Hotel Matahari, Jl. Parangtritis,  Yogyakarta tersebut, dibagi dalam 5 sesi pertemuan yang dimulai sejak Senin (21/11/2016) yang lalu.

Beberapa nara sumber yang dihadirkan antara lain, Drs.Sukamto (kepala Kantor Kesbang Yogyakarta), Drs.Tri Nugroho, M.Si (Dosen Pasca Sarjana STPMD APMD), Hartanto SH, M.Hum (Pembantu Dekan I Universitas Widya Mataram), Drs. Ki. Sutikno (Dosen UTS), dan Erik Hadi Saputra, S.Kom, M,Eg (Pakar Komunikasi).

“Kami berharap dengan kegiatan ini, ke depan akan muncul pemimpin-pemimpin bangsa yang mampu membebaskan maslah-masalah yang begitu kompleks saat ini, sehingga Pancasila dan NKRI kian kokoh dan Indonesia di masa depan menjadi bangsa yang sejajar dengan bangsa-bangsa Besar,” pungkas Husni. (can)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga