Kamis, 07/12/2017 21:55 WIB | Dibaca: 63 kali

909 Sekolah di DIY Sudah Diakreditasi


Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X menyerahkan hasil akreditasi kepada para kepala sekolah. Foto:ist

YOGYAKARTA  Sebanyak 909 sekolah/madrasah atau program keahlian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Povinsi – Sekolah /Madrasah (BAP-S/M) DIY.

Ketua BAP-S/M DIY Drs. Suhadi sebagai, mengatakan pada tahun 2017 BAP-S/M telah melakukan Akreditasi terhadap sekolah/madarasah di wilayah DIY. Menurutnya, akreditasi berkaitan dengan sumber pendanaan sekolah.

“Sumber pendanaan untuk 439 sekolah tersebut didanai yang bersumber dari APBN sedangkan 470 didanai oleh APBD DIY,” katanya saat menyampaikan laporan hasil akreditasi kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Kamis (07/12/2017).

Dijelaskan Suhadi, berdasarkan kouta sumber pendanaan, kemudian BAP-S/M menetapkan sekolah/madrasah dan program keahlian SMK sasaran sesuai jenjang pendidikan. Hasilnya, kata dia, untuk SD/MI diakreditasi 688 sekolah, SMP/MTS diakreditasi 109 sekolah, SMA/MAN diakreditasi 20 sekolah, dan SMK diakreditasi 92 program keahlian.

Masih menurut Suhadi, sesuai dengan prosedur operasional standar (POS) akreditasi sekolah/madrasah, jumlah sasaran tersebut diperoleh atas usulan dan rekomendasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se DIY untuk SD dan SMP, Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY untuk SMA dan SMK, dan untuk Madrasah kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

“Namun masih ada yang memperihatinkan dari hasil akreditasi tahun 2017 ialah masih ada 1 sekolah/madrasah yang tidak terakreditasi. Hal ini perlu menjadi perhatian sungguh-sungguh bagi pemangku kepentingan pendidikan, terutama Dinas Pendidikan dan Badan Penyelenggara Pendidikan terkait,”   kata Suhadi.        

Sementara Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY menyampaikan, Pemerintah Daerah (Pemda) mengapresiasi serta memberikan pengahargaan yang tinggi kepada BAP-S/M DIY yang telah bekerja keras melaksanakan Akreditasi terhadap 909 sekolah dan madrasah di DIY.

“Semoga Akreditasi ini akan meningkatkan mutu sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas,” tutur KGPAA Paku Alam X.         

Pada penghujung acara, Wagub DIY menyerahkan sertifikasi hasil akreditasi secara simbolis dari BAP-S/M  DIY kepada sebelas sekolah/madrasah dan SMA/SMK di DIY. (kt1)  

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga