TMMD Menggugah Semangat Warga Pandeyan untuk Kembali Meraih Prestasi Kelurahan Terbaik Nasional


Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf. Rudi Firmansyah berdialog dengan warga saat meninjau sasaran TMMD di Pandeyan. Foto: ist

YOGYAKARTA -  Warga Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta menyambut dengan antusias TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 Kodim 0734/Yogyakarta yang akan difokuskan di  kelurahannya. Warga berharap program-program TMMD yang tak hanya menyasar pembangunan fisik namun juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), akan memacu semangat warga untuk kembali membawa nama Kelurahan Pandeyan ke kancah nasional, 

“Dulu pada tahun 2013 Kelurahan Pandeyan, pernah meraih predikat kelurahan terbaik di Indonesia mengalahkan 8.309 desa dan kelurahan dalam lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2013 serta dianugerahi penghargaan Adikarya Bhakti Praja Utama. Dengan adanya TMMD yang dipusatkan di Pandeyan, warga tergugah untuk kembali meraih prestasi itu,” Kata tokoh warga Pandeyan, Thoyib, Minggu (18/03/2018).

Dikatakan salah satu anggota Linmas Pandeyan ini, program-program TMMD yang sudah mulai dilaksanakan seperti bedah rumah warga yang kurang layak huni, pembangunan talud, sarana MCK dan renovasi balai RW adalah program yang tepat dan dibutuhkan masyarakat Pandeyan. Selain itu, program non fisik seperti sosialisasi Napza dan wawasan kebangsaan sangat penting untuk mencegah generasi muda dari bahaya Narkoba sekaligus memacu semangat berprestasi warga Pandeyan,

“Secara langsung kami melihat tentara (anggota TNI) yang terlibat dalam TMMD sangat luar biasa. Beliau-beliau ini juga sangat ramah, simpatik dan banyak memberi contoh tentang bagaimana bekerja dengan giat, penuh semangat dan disiplin. Jadi dalam program fisik juga sebenarnya mengandung nilai non fisik juga,” ujarnya yang turut membantu anggota TNI dalam pelaksanaan Pra TMMD.

Menurut Thoyib, sikap anggota TNI yang melaksanakan tugas dalam TMMD perlu dicontoh masyarakat. Sebab, kata dia, dengan masyarakat yang mau kerja keras dan disiplin kelurahan Pandeyan akan semakin maju,

“Mudah-mudahan dengan program fisik dan non fisik dalam TMMD ini Pandeyan ke depannya akan kembali meraih prestasi menjadi kelurahan terbaik nasional,” harapnya.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0734/Yogyakarta,  Letkol Inf. Rudi Firmansyah, S.E.,M.M. mengungkapkan alasan dipilihnya Kelurahan Pandeyan sebagai sasaran TMMD, karena termasuk daerah yang penduduknya relatif masih memerlukan bantuan. Diantara yang nampak, kata Dandim, adalah warga yang tinggal di bantaran sungai Gajah Wong. Menurutnya, selain masih banyak yang kategori pra sejahtera, warga di bantaran Sungai Gajah Wong juga  rawan terdampak jika terjadi bencana banjir karena belum dibangun talud.  

“Tingkat pendapatan penduduk di sini juga relatif masih rendah. Rata-rata dari mereka berpenghasilan pas-pasan sebagai buruh. Prasarana dan fasilitas umum lainnya tergolong masih kurang memadahi, namun di sisi lain peran serta masyarakat untuk membangun cukup tinggi, terbukti disetiap pengerjaan sasaran TMMD masyarakat dengan sukarela turut serta membantu prajurit TNI,” ungkap Dandim di sela-sela meninjau bedah rumah milik Kasidjan warga RT 34 RW 10 yang merupakan kegiatan pra TMMD,  Minggu (18/03/2018) siang.

Dandim menjelaskan, pembangunan sosial ekonomi yang kuat dapat diupayakan dengan cara memberdayakan potensi wilayah yang ada di lingkungan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat , kata dia, merupakan faktor penting dalam upaya pencapaian sasaran pembangunan.

“Melalui program TMMD ke-101 ini, Kemanunggalan TNI Rakyat dapat terwujud dan terpelihara. Kodim memiliki peran penting membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik seperti ini, dengan tujuan mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri,” tandas Dandim yang saat tinjauan menyempatkan diri berdialog dengan warga.

Di sisi lain, Kasidjan yang rumahnya masuk dalam program TMMD untuk direnovasi mengaku terharu sekaligus bahagia. Ia mengucapkan terima kasih kepada para prajurit TNI dari Kodim 0734/Yogyakarta yang telah membangun kembali rumahnya sehingga lebih layak huni,

"Mudah-mudahan perbuatan baik bapak-bapak tentara dari kodim Yogyakarta ini mendapat pahala dari Allah, kami sekeluarga sangat berterimakasih atas bantuan ini," ucapnya.  (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 


 





Baca Juga