Inovasi Baru Sogan Batik Rejodani Padukan Corak Bernuansa Jawa Ottoman


Batik Java Ottoman ditampilkan dalam ajang Miss Inspiring. Foto: ist

YOGYAKARTA – Inovasi batik terus diciptakan Sogan Batik Rejodani. Belum lama ini, gallery batik tersebut meluncurkan karya yang memadukan corak khas dua kebudayaan dunia, yaitu Jawa dan Turki Ottoman.

Owner Sogan Batik, Iffa M Dewi mengatakan, batik yang diberi nama batik Java Ottoman diciptakan untuk menggambarkan Kisah Romantisme persahabatan antara Jawa dan Turki Utsmani dimasa lalu. Corak batik yang memadukan warna-warna khas Turki dan aksara Jawa, menguatkan kesan tersebut,

“Warna biru khas Turki dipadukan dengan pink dan marun menggambarkan kejayaan Turki Ottoman. Sementara aksara Hanacaraka mewakili Jawa. Perpaduan itu menjadi bukti bahwa ukhuwah Islamiyah telah mengeratkan dua bangsa yang terpisahkan oleh jarak,” ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (04/05/2018)

Dikatakan Iffa, Batik Java Ottoman belum lama ini ditampilkan dalam ajang pemilihan miss inspiring WARDAH 2018 di Jogja City Mall, Selasa (01/05/2018) yang lalu. Karya yang ditampilkan dalam ajang tersebut yakni lima batik Java Ottoman.

Miss inspiring, kata Iffa, adalah ajang yang didedikasikan untuk semua perempuan yang memiliki pengalaman, penghargaan maupun kemampuan yang menginspirasi dan membawa kebahagiaan, cinta dan saling berbagi dengan yang lain. Dengan ditampilkannya batik Java Ottoman dalam ajang tersebut Iffa berharap, potensi karya pembatik lokal semakin bergairah untuk berinovasi,

“Kolaborasi antara brand-brand lokal Indonesia seyogyanya semakin digiatkan untuk memunculkan potensi lokal, sekaligus memotivasi masyarakat untuk bangga dan lebih mencintai hasil karya negeri sendiri,” ujarnya. 

Sekadar informasi, Sogan Batik adalah Produsen batik tulis dan batik cap, serta pakaian jadi yang dikerjakan oleh pembatik professional di dusun Rejodani-Sleman. Sogan batik yang berdiri sejak tahun 2001 dan memiliki puluhan tenaga kerja ini telah banyak menciptakan inovasi batik, khususnya batik untuk busana muslim. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 


 





Baca Juga