Cegah Penyakit Kronis, Lanal Yogyakarta Bekerjasama Cito dan BPJS Gelar Pemeriksaan Kesehatan

YOGYAKARTA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Yogyakarta, Jumat (06/07/18).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Ketua dan Pengurus Jalasenasti Cabang 8 Daerah Jalasenasti Armada (DJA) II, tersebut bertempat di aula dan ruang sekretariat Jalasenasti Cabang 8 Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta.

Wakil Ketua Cabang 8 Jalasenastri Lanal Yogyakarta, Happy Haryo Wiji Pratomo mengatakan, kegiatan dilaksanakan sebagai upaya mencegah penyakit kronis serta meningkatan taraf kesehatan anggota dan keluarga besar LANAL Yogyakarta.

Dijelaskan Happy, pemeriksaan kesehatan diikuti anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) sebanyak 9 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita sebanyak 16 orang serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta sebanyak 34 orang.  

Selain itu, Happy mengatakan, kegiatan melibatkan 8 staf medis dari Laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta yang melakukan pemeriksaan Papanicolau Smear atau biasa disingkat Pap Smear dengan tujuan untuk mengindentifikasi adanya sel kanker atau pra kanker leher rahim (serviks) dan deteksi kanker payudara melalui metode Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari),

“Pap Smear merupakan penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di dunia dari jenis kanker yang menyerang wanita kategori aktif secara seksual berumur 18 tahun keatas,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Happy juga menyampaikan sambutan dari Ketua Cabang 8 Jalasenastri Lanal Yogyakarta, Ny. Febri Arya Delano yang tidak dapat hadir karena menghadiri acara tatap muka dan pengarahan Ketua  Umum Jalasenastri di Surabaya,

Dalam sambutannya, Ny. Febri Arya Delano menekankan betapa pentingnya peran seorang ibu, sehingga harus terjaga kesehatannya,

“Peran seorang ibu sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang dimulai dari tingkat keluarga, oleh karena itu kegiatan pemeriksaan deteksi kanker serviks dan payudara, kita diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan masing masing, kalau bukan kita sendiri, siapa lagi ?” tuturnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan rutin oleh 4 staf medis Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta dipimpin dokter muda BK Lanal Yogyakarta, dr. Tri Hasturi meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat. Pemeriksaan tersebut bertujuan meningkatkan taraf kesehatan keluarga besar Lanal Yogyakarta, sebagaimana amanah dari Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd yang disampaikan Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud.

Dalam amanahnya Danlanal menegaskan bahwa kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan,

“Tingkat kesehatan yang baik dalam keluarga akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang berkualitas, untuk itu perlu adanya pemeriksaan rutin, jangan sampai kita berobat kalau sudah terkena sebuah penyakit kronis, lebih baik mencegah daripada mengobati,” tegas Danlanal dalam sambutan tertulisnya.

Danlanal Yogyakarta mengapresiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan Lanal Yogyakarta yang melibatkan pihak laboratorium umum berkompetensi Cito Kotabaru dan didukung BPJS.  

Kegiatan juga mendapatkan animo yang tinggi dari Kowal, PNS wanita dan Jalasenastri Lanal Yogyakarta. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap yang nantinya akan dapat diikuti oleh semua Ibu Ibu keluarga besar Lanal Yogyakarta, sebagai upaya nyata mencegah dan terhindar penyakit kronis mematikan.

Sekadar informasi, sebelum pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan dimulai, terlebih dahulu telah dilaksanakan pertemuan rutin Pengurus dan Anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com