Peringati Hari Pahlawan, Warga Pokoh Gelar Fun Bike Unik Promosikan SHS Socio Eco Preneur

SLEMAN – Warga Dusun Pokoh, Desa Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperingati Hari Pahlawan dengan cara unik. Warga menggelar senam sehat dan fun bike (sepeda gembira) dengan onthel (sepeda kuno) serta berkostum pakaian adat jawa lengkap, Senin (10/11/2018), di kawasan rintisan SHS Socio Eco Preneur Wisata Desa Pokoh.

Ketua panitia kegiatan, Ashari, mengatakan kegiatan digelar selain unuk memperingati hari pahlawan, juga untuk mempromosikan rintisan SHS Socio Eco Preneur Pokoh menuju Wisata Desa.

Menurut Ashari, acara diikuti oleh masyarakat umum, tak hanya dari Banyurejo.  Selain diikuti Komunitas sepeda antik, kata dia, fun bike juga diikuti berbagai komunitas sepeda sport di wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta,

“Peserta sekitar 300-an lebih. Kegiatan ini diselenggarakan SHS Sosio Eco Preneur, wisata desa rintisan di Pokoh yang diprakarsai oleh Sugiyanto Harjo Semangun, warga Pokoh yang sudah sukses sebagai pengusaha,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Ashari,  SHS Sosio Eco Preneur adalah wisata desa yang memadukan konsep wisata alam, hiburan rakyat, pendidikan dan budaya serta kearifan lokal. Beberapa spot yang akan dibangun di SHS Sosio Eco Preneur, kata dia, antara lain café yang menyajikan kuliner khas Banyurejo, sport cetre, kolam renang atau water boom, wisata berkuda, joglo gamelan dan pentas budaya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala desa Banyurejo, Tempel, Rusmanto mengatakan, pemerintah Desa Banyurejo mendukung sepenuhnya terselenggaranya SHS Sosio Eco Preneur yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Dengan adanya tempat wisata yang khas, diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga Banyurejo, khususnya Dukuh Pokoh,

“Harapannya nati bisa menjadi destinasi wisata alternatif unggulan, sehingga dengan sendirinya menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pereknomian warga Banyurejo, khususnya warga dusun Pokoh. Acara senam sehat dan sepeda gembira ini sebagai upaya kami mempromosikan SHS Sosio Eco Preneur,” harapnya.

Di sisi lain, salah seorang peserta fun bike, Sindu Satmoko (38) warga Margorejo, Sayegan Sleman yang sekaligus wakil ketua komunitas Goes Margorejo Community (GMC), mengaku senang mengikuti acara yang digelar SHS Sosio Eco Preneur. Ia bersama 31 anggotanya turut berpartisipasi dalam acara tersebut,

“Apalagi ini juga dalam rangka promosi Pokoh menuju wisata desa. Saya yang warga tetangga desa ikut senang. Jika nantinya sudah dibuka dan banyak dikunjungi wisatawan, warga kami juga bisa mendapat berkahnya. Konsep wisata ini bagus dan positif. Semoga bisa menginspirasi desa-desa lain untuk turut mempraktikan hal serupa untuk memajukan desanya,” ujarnya.

Acara senam sehat dan fun bike diisi panggung hiburan musik dan pentas budaya.  Aneka doorprize menarik juga dibagikan kepada peserta yang beruntung. Diantaranya, pakaian adat jawa lengkap, uang tunai, dan peralatan rumah tangga dengan total senilai Rp 10 juta. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com