Wujudkan Pendidikan Berkelas Dunia, Pemda DIY Luncurkan Aplikasi Jogja Smart Education


ilustrasi

YOGYAKARTA – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (PEMDA DIY)  menciptakan terobosan baru khususnya pada teknologi media pembelajaran masyarakat melalui Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) DIY.

Kali ini Pemda DIY meluncurkan Google For Education dan Jogja Smart Education. Selain itu, diluncurkan pula sistem pembelajaran Jogja Belajar (JB) dalam bentuk aplikasi mobile berbasis android.

“Salah satu bentuk kerja samanya pengaktifan domain Jogja Belajar  sehingga pengguna JB secara otomatis dapat menggunakan aplikasi dan lain-lain yang ada di Google,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji dalam acara peluncuran bertema “Mewujudkan Pendidikan Jogja Kelas Dunia” di Auditorium Disdikpora DIY,  Jumat (23/11/2018) siang. 

Sementara itu, Sekda DIY, Ir Gatot Saptadi yang juga hadir dalam acara peluncuran berharap pengaktifan domain Jogja Belajar dapat menambah pengguna aplikasi tersebut, sehingga manfaatnya dapat meluas dan dirasakan banyak pihak.

“Kerja sama ini merupakan sarana untuk membantu proses pembelajaran bagi setiap elemen pendidikan DIY agar lebih baik dan memanfaatkan teknologi dalam rangka menyongsong pendidikan era 4.0.,” ungkapnya.

Penggunaan Google for Education dan Jogja Belajar, kata Gatot,  merupakan solusi teknologi dari Google untuk kalangan pendidikan mendapatkan pembelajaran yang interaktif, di mana pun dan kapan pun. Ia berharap, melalui kerja sama ini siswa dapat mengakses berbagai informasi dengan aman, melakukan pembelajaran bertatap muka secara online, membuat tugas tanpa perlu kertas, menghemat waktu dengan menggunakan fitur pada aplikasi tersebut.

Head Of Public Policy and Government Education Google, Putri Alam menjelaskan, G-Suite for Education ini merupakan alat kolaboratif antara guru dan siswa untuk dapat bersama-sama melakukan pembelajaran, di antaranya melalui Classroom, Gmail, Drive, Vault, Docs, Sheets, Forms, Calender, Slides dan Sites.

Putri Alam mengucapkan selamat kepada Pemda DIY atas peluncuran aplikasi tersebut guna mewujudkan pendidikan di Jogja berkelas dunia,

“Ini kerja sama pertama kali di Indonesia di tingkat provinsi. Ini adalah bentuk awal kerja sama dari pihak google dengan DIY untuk mewujudkan pendidikan 4.0,” kata Putri. 

Peluncuran aplikasi Google for Education juga dihadiri sejumlah pejabat antara lain Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, bupati dan walikota se-DIY, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga DIY dan kepala SMP, SMA/K se-DIY serta instansi terkait. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga