Selasa, 11/12/2018 20:05 WIB | Dibaca: 270 kali

Tim FEB UGM Juara Lomba Karya Tulis ACTIVE 2018


Para pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah ACTIVE 2018. Foto: ist

YOGYAKARTA - Tim mahasiswa dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada  berhasil menjuarai  Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional ACTIVE (Accounting Society in Versatility) 2018 yang dilangsungkan pada 3-5 November 2018 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS).

Dalam lomba tahunan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) FEB UNS, tersebut Tim FEB UGM meraih juara pertama dan best presentation. Tim tersebut terdiri dari Amelia Amanda Jasmine dan Rizkyajeng Pradnya Devi (Akuntansi 2016)

Amelia Amanda Jasmine mengatakan, setiap tahun, ACTIVE selalu mengangkat isu-isu terkini di dunia akuntansi sebagai tema besarnya,

“Tahun ini, ACTIVE mengangkat tema Keterbukaan Informasi Pasca Tax Amnesty sebagai respons atas peristiwa pengampunan pajak yang telah selesai dilakukan Indonesia dalam menyongsong keterbukaan informasi perpajakan dunia,” katanya di FEB UGM, Selasa (11/12/2018) sebagaimana dikutip dari keterangan pers humas UGM.

Dijelaskan Amelia Lomba Karya Tulis  ACTIVE terdiri dari tiga proses seleksi paper terdiri dari tiga tahapan, yaitu pengumpulan abstrak, pengumpulan paper dan presentasi paper. Di babak pengumpulan abstrak, lata dia, seluruh peserta diwajibkan mengirimkan sebuah abstrak yang merepresentasikan papernya dengan mengacu pada salah satu subtema yang diberikan.

Setelah proses seleksi abstrak maka sebanyak 26 tim dengan abstrak terbaik diminta untuk mengumpulkan paper utuh. Dari proses ini maka tersaring 10 tim terbaik untuk diundang ke FEB UNS mengikuti final untuk mempresentasikan paper di hadapan tiga dewan juri, terdiri dari akademisi, praktisi dan regulator selama 30 menit, dengan 15 menit sesi presentasi dan 15 menit sesi tanya jawab.

Selain Lomba Karya Tulis Ilmiah, ACTIVE 2018 juga memiliki serangkaian acara lain, seperti Seminar Nasional yang diadakan di Auditorium Rektorat UNS dan Olimpiade Akuntansi ACCESS.

Pemberian penghargaan kepada para pemenang sebagai puncak acara dilakukan pada Indonesian Cultural Gathering Night (ICGN). Acara ini ditutup dengan field trip ke Museum Danar Hadi, Keraton Surakarta dan Museum Keris. (kt1)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga