Sabtu, 19/10/2019 06:50 WIB | Dibaca: 159 kali

PORDA XV daan PEPARDA II DIY Modal Berprestasi dalam PON Mendatang


Walikota Jogja dan para pejabat Forkompinda DIY dalam acara penutupan PORDA XV dan PEPARDA II DIY di Halaman Balai Kota Jogja, Jumat (18/10/2019) malam. Foto: Ali Muttaqim

YOGYAKARTA - Gelaran Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XV 2019 dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke II, resmi ditutup Jumat (18/10/2019) malam, di halaman Balai Kota Yogyakarta.

Perhelatan akbar pekan olahraga yang diadakan setiap 2 tahun sekali Ini diikuti Sebanyak 3400 atlet dari 38 cabang olahraga dari 5 Kabupaten daan Kota di DIY. Tahun ini, Sleman Juara Umum PORDA XV dan Bantul Juara Umum PEPARDA II DIY.

Acara yang dibuka pada 10 Oktober 2019 di stadion Mandala Krida oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, secara resmi di tutup oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Menurut Haryadi, tahun ini merupakan tahun pertama PORDA XV dan PEPARDA II di laksanakan bersama. Di PEPARDA sendiri ada 10 cabang olahraga yang di pertandingan kan sedangkan untuk PORDA 39 cabang olahraga yang di pertandingkan,

"Kami sampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya pada seluruh kontingan, beserta atlet pelatih, official dan semua pihak yang telah mengerahkan kemampuannya, berjuang sekuat tenaga meraih hasil terbaik pada ajang ini, mendukung dari segala aspek ajang kebanggan seluruh masyarakat DIY, sehingga ajang ini sungguh mampu menjadi ungkitan prestasi para atlet selain menggelorakan gaya hidup masyarakat melalui Olahraga," kata Haryadi.

Haryadi juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul yang menjadi juara umum. Dari 455 medali emas yang diperebutkan dalam PORDA XV, Sleman unggul dengan raihan 140 medali emas, 122 perak, dan 157 perunggu. Sedangkan dalam PEPARDA II Bantul mengoleksi 47 medali emas, 35 perak dan 19 perunggu,

"Selamat kepada Kabupaten Sleman yang meraih medali terbanyak sehingga menjadi juara umum PORDA XV dan Kabupaten Bantul juara umum PEPARDA II ini," ujarnya.

Meski kota Yogyakarta pada posisi runner up (ke2) namun menurutnya hal itu bisa menjadi menjadi cambuk agar mengukir prestasi lebih baik di masa mendatang. Ia juga berharap para atlet yang meraih juara dalam PORDA dan PPEPARDA tahun ini menjadi modal DIY untuk meraih prestasi terbaik dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang yang akan diselenggarakan di Papua,

"Semoga atlet ini menjadi modal untk sukseskan PON 2020 mendatang di Papua," harapnya.

Dikatakan Haryadi PORDA dan PPEPARDA telah menginspirasi masyarakat Kota Yogyakarta untuk lebih giat berolahraga, "Diasamping kesehatan tentu prestasi yang menjadi tujuan PORDA dan PEPARDA 2019 ini," tutupnya.

Acara penutupan PORDA dan PEPARDA yang dimualai dari pukul 19.30-22.00 WIB tersebut berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan kesenian. (ali)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Berita Terkait

 



Terpopuler


Baca Juga