Tumbuhkan Cinta Alam Sejak Dini, PG TK Islam Mellatena Semarang Field Trip di Ngrembel Asri


Siswa PG TK Islam Mellatena Semarang mengikuti kegiatan Field Trip di Ngrembel Asri. Foto: doc/Mukharom

SEMARANG – Mengenalkan kekayaan alam Indonesia sejak usia dini menjadi salah satu materi pembelajaran di PG TK Islam Mellatena Semarang.  

Dalam rangka puncak pembelajaran tema mengenal alam semesta, anak - anak  siswa PG TK Islam Mellatena Semarang mengikuti kegiatan Field Trip (karya wisata) di Ngrembel Asri, salah satu kawasan khusus out bond di Semarang, belum lama ini.

Kepala Sekolah PG/TK Islam Mellatena Semarang, Bunda Hajjah Yuliani Salisah, M.Pd. mengungkapkan, kegiatan field trip yang merupakan upaya menanamkan cinta alam dan lingkungan sejak dini, merupakan kegiatan rutin di lembaganya, 

“Ini pendidikan outing class (pendidikan di luar kelas) yang memberikan pemahaman bahwa manusia harus menjaga serta ramah terhadap lingkungan, karena alam telah memberikan manfaat secara langsung kepada manusia itu sendiri,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (07/12/2019).

Ia menambahkan, kegiatan dilakukan dengan tujuan agar siswa mengetahui ciptaan Tuhan yang berada di sekelilingnya.

Pelajaran mengenal alam di Ngrembel Asri diantaranya mengenalkan satwa-satwa, seperti Monyet, Ular, Rusa, Kambing, Domba, dan Kuda Poni. Kemudian dilanjutkan dengan belajar berkebun, yaitu menanam tanaman terong. Setelah berkebun, anak-anak berlanjut  menangkap ikan Lele yang disebar di kolam keceh. Sebagai kegiatan terakhir yaitu berenang.

Anak-anak yang didampingi pendidik dan orang tuanya antusias dan nampak ceria mengikuti kegiatan. (rom)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

 

 


 





Baca Juga