Presiden Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro Sekaligus Nikmati Pergantian Tahun di Yogyakarta

YOGYAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12/2019)

Dalam pidatonya, presiden Jokowi menuturkan bahwa kehadiran bendungan tersebut sangat penting bagi ketersediaan suplai air dan mendukung aktivitas masyarakat setempat. Menurutnya, Bendung yang dibangun di aliran Sungai Progo tersebut juga sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan,

“Karena memberikan kepastian dan memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, Bendungan yang telah diresmikan tersebut ke depannya dapat menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 2.370 hektare yang ada di Kabupaten Bantul sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar pada angka 205 persen menjadi 270 persen,

“Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan juga nantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta,” kata Presiden.

Bendungan yang seluruh areanya berada di sebagian Kabupaten Kulon Progo dan Bantul tersebut mulai dibangun sejak 2016 yang lalu kini telah beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.
Presiden berharap agar pemerintah daerah setempat dapat menjaga dan merawat bendungan ini agar dapat terus beroperasi dengan baik. Masyarakat setempat juga diminta untuk memanfaatkan bendungan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,

“Setelah ini saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bendung Kamijoro ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Presiden.

Orang nomor 1 di Republik Indonesia meninjau langsung jembatan di sekitar bendungan yang menghubungkan Kabupaten Kulon Progo dan Bantul.

Presiden juga tampak menyempatkan diri menyapa masyarakat yang berkumpul di seberang jembatan menyambut kehadirannya dengan penuh antusias.

Selepas meresmikan Bendung Kamijoro, Presiden Jokowi tidak langsung bertolak kembali ke Jakarta. Ia memilih menghabiskan pergantian malam tahun baru 2020 di Kota Yogyakarta. Kepada wartawan Presiden mengungkapkan alasannya hendak menikmati pergantian tahun di Kota Gudeg ini,

“Ini karena pas di Jogja meresmikan bendungan ya sudah sekalian,” kata presiden RI Dua periode ini.

Selain itu, Presiden menganggap kota Yogyakarta istimewa untuk menghabiskan pergantian malam tahun 2019 ke 2020,

“Karena di Jogja ada Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X). Istimewanya di situ,” katanya sambil tertawa khas.

Di penghujung wawancara, Jokowi sempat mengungkap harapan atau resolusinya untuk tahun 2020,

“Lebih baik,” ucapnya singkat. (kt1/kt3/rd2)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com