Selasa, 14/01/2020 22:55 WIB | Dibaca: 308 kali

UIN Sunan Kalijaga Aksi Go Green di Kampus


UIN Sunan Kalijaga aksi go green dengan menanam pohon di lingkungan kampus. Foto:ist

YOGYAKARTA -Aksi peduli lingkungan dilakukan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggelar gerakan penanaman pohon di sekitar kampus. Berbagai jenis pohon seperti buah-buahan, perindang atau tanaman keras serta tanaman langka sebagai langkah penghijauan di lingkungan kampus.


Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dan Ketua Senat UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A. mengawali gerakan penghijauan dengan menanam pohon buah-buahan di depan gedung Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, yang diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Dan Keuangan Dr. Phil. Sahiron, M.A. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama
Dr. H. Waryono, M.Ag. Selasa pagi (14/1).

Menurut Yudian Wahyudi daerah Indonesia mestinya bisa menghasilkan penghasilan daerah yang surplus dari penanaman pohon produktif dan bermanfaat di lahan terbuka atau di fasilitas umum, misalkan dari pohon jati.

“Dalam alquran semua makhluk hidup mempunyai potensi positif dan negatif. Tentu saja kita bisa optimalkan nilai positifnya dan mengurangi sisi negatifnya sampai pada posisi seimbang.” kata Yudian.
Yudian menambahkan di kampus sendiri bagaimana kita menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan mahasiswa saat menempuh studi. Misalkan dengan tanam pohon ini kampus akan asri dan sejuk untuk semua civitas akademika. “Karena dalam Islam membuat bahagia orang itu bagian dari sedekah, dan kita lakukan itu.” tutur Yudian dalam pers rilis yang diterima redaksi.


Ali Sodiq, S.Ag., M.A. selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menjelaskan ada berbagai jenis pohon buah-buahan yang ditanam, tanaman keras dan tanaman langka yang akan ditempatkan di lahan terbuka kampus. “Setelah ini tentu akan di rawat dengan penyiraman agar lebih banyak buah daripada daunnya, karena kita punya anggarannya sendiri.” tambah Ali Sodiq.


Pejabat Pengadaan Radiman, S.T., M.T. menyatakan bahwa dengan penanaman ini menjadikan kampus lebih asri, untuk pemanfaatan lahan subur yang ada di kampus. Sehingga kita berharap kedepannya memberi manfaat bagi warga kampus dikemudian hari.

Beberapa jenis pohon yang ditanam pada aksi penghijauan kampus meliputi tanaman keras seperti pohon Pule, Tabe, Kunto Bimo, dan Kepel. Untuk buah-buahan seperti aneka macam mangga, jambu air, mundu, polo buah, apokat, sawo, kelengkeng, jambu biji, Nam-naman dan manggis.(pr/kt1)

Redaktur: Faisal     

Berita Terkait

 





Baca Juga