Kembali Tunjukkan Kerja Literasi, Bawaslu Sleman Terbitkan Buku Kedua


Lima Komisioner Bawaslu Sleman menunjukkan buku kedua karyanya yang berjudul, Form A. Serba-Serbi Pengawasan Pemilu 2019. Foto:ist

SLEMAN - Dalam perjalanannya selama dua tahun menjadi badan permanen (sebelumnya Panwaslu Kabupaten), Bawaslu Kabupaten Sleman berhasil menelurkan rangkuman hasil kerja pengawasan selama Pemilu 2019 menjadi sebuah buku.

Bawaslu Kabupaten Sleman mampu menerbitkan karyanya yang kedua berjudul "Form A. Serba-Serbi Pengawasan Pemilu 2019" merupakan buah kerja dan kinerja pengawasan yang kemudian diliterasikan oleh anggota Bawaslu Sleman. Sementara itu Buku pertama berjudul "Footnote, Catatan Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman”.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa menjelaskan bahwa buku berjudul Form A dan Footnote merupakan kerja bersama yang akan terus dilakukan,

"Menulis buku kalau bukan karena kebiasaan maka ya harus dipaksakan, dua judul buku tersebut merupakan hasil kerja bersama sebab dua alasan itu,” kata Karim, Sabtu (22/02/2020).

Dia menambahkan, sebuah kerja lapangan kalau tidak diabadikan dengan sebuah tulisan maka kerja tersebut tidak bisa dilihat, dinilai, dan dibaca oleh orang,

“Buku ini menjadi penting sebagai kerja keabadian, sebuah prasasti sejarah yang nantinya bisa memberikan manfaat bagi siapapun lebih-lebih pemerhati kepemiluan," imbuh Karim.

Hal lain disampaikan oleh Vici Herawati, anggota Bawaslu Sleman yang juga penulis kedua judul buku itu,

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari Bawaslu Sleman, tidak menyangka nama saya terpatri sebagai penulis di buku itu, saya dipaksa menulis dan tentu dengan bimbingan senior di Bawaslu Sleman," tutur Vici.

"Terima kasih atas kerja-kerja literasi ini," imbuhnya.

Sementara itu, salah staf Bawaslu Sleman, Hendi Wdyatmoko saat diberi buku Form.A menyatakan kebanggaannya,

"Saya barangkali bisa mewakili semua staf, Pimpinan Bawaslu Sleman telah memberi contoh yang baik untuk semua orang, kerja bersama dituliskan dalam sebuah buku adalah wujud kebersamaan yang patut diteladani. Semoga buku ini bermanfaat bagi kami dan semua yang membaca," harap Hendi.

Selanjutnya buku berjudul Form A ini akan dilaunching pada awal Bulan Maret 2020 dan akan dibagikan secara gratis bagi mitra Bawaslu Sleman dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019 dan Pilkada 2020. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati


 





Baca Juga