Minggu, 28/02/2021 19:13 WIB | Dibaca: 153 kali

Jaga Habitat Pantai, Resik-resik digelar di Pantai Baru, Srandakan


Jaga Habitat Pantai, Resik-resik digelar di Pantai Baru, Srandakan, Foto: Rachman

Bantul - Sebagai satu di antara partisipasi dan keikutsertaan menjaga kelestarian habitat pantai di sepanjang pantai Selatan, Minggu (28/02/2021) Anak Korps Baret Merah(AKBM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang merupakan organisasi yang beranggotakan anak-anak atau putra putri Baret Merah, gelar Resik-resik Pantai di Pantai Baru, Srandakan, Bantul.

Koordinator lapangan kegiatan bakti sosial AKBM, Fiatin Riastuti yang akrab dipanggil Titin menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan bagian dari kegiatan abdi alam yang dilakukan AKBM DIY. Dengan memilih kawasan pantai Baru sebagai satu upaya menjaga kebersihan pantai dari sampah.

“Kami lakukan bersih-bersih di Pantai Baru kali ini agar kawasan pantai ini, yang merupakan satu diantara pantai yang banyak dikunjungi masyarakat menjadi lebih bersih dari sampah,” terang Titin.

Titin menjelaskan acara ini dilakukan berkat kerja sama AKBM DIY dengan tim SAR pantai, Babinsa, Babinkamtibmas srandakan, dan TNI Angkatan Laut. “Kami lakukan acara ini untuk menjaga alam kita dari sampah yang memang sudah sangat mencemari lingkungan kita, sekaligus sangat memprihatinkan kondisinya, selain itu pula kami sekaligus memperingati HUT AKBM ke-4 yang jatuh tanggal 26 Februari lalu” tambah Titin.

“Seperti disampaikan pihak TNI AL yaitu bapak Serka Surawal pada waktu apel sebelum pelaksanaan bahwa pantai selatan saat ini sering kotor dan banyak sampah bukan karena masyarakat sekitar maupun warga tidak tertib dalam penanganan sampah, tetapi merupakan sampah kiriman, beliau berpesan untuk warga dimanapun berada janganlah membuang sampah ke sungai, dan sadar akan kebersihan lingkungan” ujar Titin.

“Beliau juga menyampaikan pada waktu resik pantai mohon bisa dipisahkan antara sampah plastik, dan material lainnya, dengan tujuan agar lebih mudah memilah sehingga penduduk bisa dengan mudah memilah,” tambahnya.

Selain melakukan bersih-bersih pantai sepanjang kurang lebih 200 m, para anggota AKBM DIY juga melakukan edukasi ke pada warga masyarakat pengunjung untuk ikut menjaga kebersihan lingkungannya khususnya kebersihan pantai. “Ini agar masyarakat atau para penggunjung yang datang agar peduli terhadap kelestarian pantai, selain kegiatan resik pantai pihak kami juga membagikan sembako untuk warga yang membutuhkan di sekitar kelurahan Trimurti dan Purbosari Srandakan Bantul, sebanyak 16 paket sembako melalui kepala Dukuh setempat” jelas Titin.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Umum AKBM, Heru Djanbi  dan Ketua Wilayah AKBM DIY, Henny Irawati. Titin berharap dari kegiatan kali ini terjaganya kelestarian lingkungan pantai terlebih banyak habitat dan hewan yang akan terganggu dengan adanya sampah, bisa jadi perhatian bersama. “Harapan kami semakin banyak orang orang yang sadar akan kebersihan lingkungan, terlebih masyarakat sendiri dan dapat menularkannya kepada orang banyak terkait kelestarian kebersihan Pantai Baru,” pungkas Titin.(Rach)

Redaktur : Fefin Dwi S


 





Baca Juga