Penyebar HIV/AIDS Pertama di Dunia ‘Si Homo Sex’

MENDENGAR penyakit yang bernama HIV/AIDS, tentu orang bergidik. Sebab, penyakit mematikan tersebut, hingga kini belum ditemukan obatnya. Sebenarnya HIV/AIDS siapa yang menyebarkan?

Menurut sumber jurnal yang dipublikasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention ( CDC) Amerika Serikat, HIV/AIDS pertamakali diumumkan kehadirannya pada tahun 1980. Saat itu, penderitanya masih sedikit. Namun, penyakit ‘maut’ itu ternyata cepat berkembang hingga saat ini.

Terkait siapa penyebarnya, seorang dokter dari CDC, yaitu dr Wiliam Darrow yang sebelumnya telah mengumpulkan data epidemologi yang merupakan dasar scenario transmisi HIV yang rumit, sempat menyebut seorang homo seks, sebagai ‘si patient zero‘, atau orang pertama yang menyebarkan virus HIV ke seluruh dunia.

Siapa dia? Si patien zero itu ternyata adalah Gaetan Dugas, seorang pramugara sebuah maskapai penerbangan internasional dari Amerika. Dikabarkan, dia sangat aktif berhubungan seks dengan pasangan homo seksualnya dari berbagai negara.

Namun benarkah Dugas sebagai penyebar HIV/AIDS pertama di dunia? Sebab, belakangan studi epidemologi dr Wiliam Darrow yang yang mengklaim si patien zero telah telah menularkan HIV kepada beberapa pasangan seksualnya, sehingga menyebar ke seluruh penjuru dunia, akhirnya terbantahkan. Beberapa ahli, termasuk dari CDC sendiri menyebut studi tersebut belum bisa dijadikan acuan. Sebab, HIV sudah ada sebelum tahun 1980. (tia)

Redaktur: Rudi F

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.