Retribusi Pantai Sebagian Masuk Kantong Pribadi

GUNUNGKIDUL – Libur Natal 2013 kawasan wisata Pantai Selatan Gunungkidul banjir wisatawan, Rabu (25/12/2013). Membludaknya wisatawan diduga kuat menyebabkan bocornya retribusi kawasan pantai dan masuk kantong pribadi. Sebab, tidak sedikit wisatawan yang telah membayar retribusi tetapi tidak mendapatkan karcis dari oknum petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Informasi yang dihimpun Jogjakartanews.com, jalur menuju pantai Selatan melalui TPR Baron cukup padat. Kendaraan pribadi maupun bus pariwisata sering kali mengantre di TPR Baron. Tidak ada yang janggal jika hanya dilihat sekilas, wisatawan membayar mendapatkan karcis kemudian memasuki kawasan Pantai Baron dan sekitarnya.

Tetapi ternyata banyak wisatawan yang mengaku kecewa dengan petugas oknum TPR. Karena ada wisatawan rombongan menggunakan dua mobil sebanyak sembilan orang telah membayar penuh Rp45.000 tetapi jumlah karcis yang diberikan tidak sesuai.

“Kalau sembilan orang seharusnya karcis yang diberikan itu juga sembilan. Tetapi kami hanya diberikan karcis lima saja,” kata wisatawan asal Banjarnegara Rusmanto (48) dengan nada kesal.

Rusmanto menyayangkan apa yang telah dilakukan petugas TPR tidak meberikan karcis sesuai dengan pembayaran wisatawan. Karena dengan hal itu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gunungkidul sebagian bisa jadi masuk kantong pribadi.

“Padahal hal itu tidak hanya menimpa saya. Beberapa rombongan lain juga mengeluhkan hal itu,” ungkapnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com