Edutek  

OwnFone Luncurkan Ponsel Huruf Braille Pertama di Dunia

LONDON – Perusahaan OwnFone di London akhirnya meluncurkan produk terbarunya yang disebut ponsel Braille. Ponsel ini didesain untuk pengguna handpone genggam yang berkebutuhan khusus. OwnFone mengklaim ponsel Braille merupakan ponsel pertama di dunia yang menggunakan huruf Braille. Di pasaran, ponsel unik ini dibandrol dengan harga 60 Poundterling atau setara Rp1,1 juta.

Penemu ponsel Braille, Tom Sunderland mengatakan saat ini ponsel temuannya baru bisa dibeli di Inggris saja. Sebenarnya, Tom menambahkan, ponsel ini tidak hanya untuk orang-orang berkebutuhan khusus. “Bagi yang tidak bisa membaca huruf Braille, dalam ponsel ini kami sediakan fasilitas 3d,” ujarnya sebagaimana dilansir dari BBC, Sabtu (17/5/2014).

Ponsel Braille ini mampu mencetak teks timbul yang berada di papan tombol. Cetak 3D di depan dan belakan ponsel Braille membuat biaya produksi menjadi murah. “Cetak 3D, memberikan jalan yang cepat dan murah untuk membuat tombol Braille pribadi,” kata dia.

Ponsel ini dirancang sengaja ia rancang untuk memberikan koneksi instan antara pengguna tuna netra dengan kawan dan keluarga mereka.”Ini adalah ponsel pertama yang memiliki papan tombol cetak 3D dan bagi mereka yang tidak bisa membaca Braille, kami bisa mencetak tekstur dan tulisan timbul di ponsel,” kata Sunderland. (war)

Redaktur : Azwar Anas


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.