Hujan Deras, Operasi Pencarian Korban Sementara Dihentikan

BANJARNEGARA –  Medan yang sulit dan cuaca buruk membuat tim Search And Rescue  (SAR) gabungan terpaksa menghentikan sementara operasi pencarian terhadap korban tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/12/2014).

Kepala kantor SAR  Semarang, Badan SAR Nasional (Basarnas), Agus Haryono mengungkapkan, pencarian hari ini terpaksa dihentikan pada pukul 15.00 karena hujan deras.

“Pagi pukul 06.00 kami mulai melakukan pencarian namun pada pukul 15.00 pencarian terpaksa kami hentikan karena hujan deras,” kata Agus.

Operasi pecarian, menurut Agus, terkendala karena lokasi yang luas dan letak rumah yang sulit akibat amblas dan tertimbun longsor.

Untuk mengantisipasi luasnya area longsor yang mencapai 10 hektar, Agus menyampaikan pihaknya meminta bantuan Kantor SAR Bandung, Kantor SAR Yogyakarta dan Kantor SAR Surabaya. Hari ini Tim rescue dari tiga Kantor SAR tersebut bergerak menuju lokasi bencana. Pencarian dilakukan dengan cara manual,karena alat berat yang sudah didatangan belum bisa memasuki lokasi longsor.

“Operasi pencarian akan kembali dilaksanakan hingga kondisi cuaca membaik sehingga tidak membahayakan tim SAR,” imbuhnya.

(pr/ris/humas SAR)

 

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.