Jalan Rusak, Warga Minta Semen Indonesia Tanggungjawab

YOGYAKARTA – Kondisi ruas jalan yang menghubungkan desa Tegaldowo-Pasucen di Kecamatan Gunem, Rembang kini semakin memprihatinkan. Banyak jalan berlobang dan becek saat hujan menjadikan jalan tersebut kini tidak ramah pengendara. Truk-truk material PT Semen Indonesia yang hilir mudik di jalan tersebut dituding sebagai penyebab utama dari rusaknya jalan.

”Aktivitas truk mutaan PT Semen Indonesia akhir-akhir ini memang meningkat. Tiap hari, rata-rata ada ratusan armada truk. Sehingga dugaan kami kerusakan jalan disebabkan truk-truk tersebut,” ujar salah seorang warga, Didik Purwoto kepada wartawan, selasa (14/04/2015). Padahal, menurut Didik, sebelum PT Semen Indonesia masuk Rembang, kondisi jalan tersebut sangat bagus dan mulus, berbeda dari yang sekarang.

Karena itu ia dan warga meminta pihak PT Semen Indonesia bertanggungjawab sebab menurutnya pihak PT Semen Indonesia yang paling sering menggunakan akses jalan tersebut untuk keperluan proyek. Sebagaimana diketahui, PT Semen Indonesia tengah menggarap pembangunan Pabrik Semen di Rembang. Meski mendapat penolakan keras dari sejumlah warga ring 1 dan masih proses hukum di pengadilan, Pihak PT Semen Indonesia tetap mengerjakan proyek yang bernilai 3,7 trilyun itu. (baca juga: Terkait Pembangunan Pabrik Semen, Warga Rembang: Adanya Perbedaan Pendapat Tak Perlu Dibesar-besarkan)

Namun selama ini menurut Didik, pihak PT Semen Indonesia tidak pernah memberikan respon seperti yang diharapkan sehingga dirinya beserta warga memilih mengadukan hal tersebut kepada DPRD setempat.

”Warga sudah mengadukan kerusakan jalan itu kepada Komisi C DPRD Kabupaten Rembang,” pungkas Didik.

Komisi C DPRD pun sudah sudah melakukan pemantauan terhadap jalan yang dimaksud dan membenarkan kondisinya yang rusak. “Kami akan segera menanggapi dengan memanggil dan mempertemukan semua pihak terkait, baik PT Semen Indonesia maupun pengusaha tambang lokal,” kata ketua Komisi C, Widodo.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Enginering dan Konstruksi PT Semen Indonesia, Heru Indra Wijayanto mengaku siap membantu dan selalu mendengar setiap permintaan warga, apalagi terkait kerusakan jalan yang memang manjadi kebutuhan bersama. (Bah)

Redaktur: Rizal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.