Aster Kasad : TMMD Kodim Yogyakarta Sudah Melebihi Target

YOGYAKARTA – Asisten Teritorial Kepala Staff Angkatan Darat (Aster Kasad), Mayjen TNI Supartodi, S.E, M.Si, meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 Kodim 0734/Yogyakarta di Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (19/04/2018).

Kunjungan Aster Kasad bersama Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD, disambut langsung oleh Danrem 072/Pamungkas, Brigjend TNI Muhammad Zamroni, Dandim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah beserta jajaran Satgas TMMD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Yogyakarta, masyarakat dan relawan dari berbagai elemen.

Menurut Mayjen Supartodi, kunjungannya bersama tim Wasev Mabes TNI AD untuk melihat langsung pelaksanaan TMMD oleh Kodim 0743/Yogyakarta yang sudah dibuka sejak 4 April 2018 yang lalu,

“Penutupan kurang dua minggu lagi, ini kami mengecek kira-kira TMMD sudah sesuai dengan prosentase target atau belum. Kalau belum kita genjot, kalau sudah lanjutkan dan tingkatkan. Kalau pantauan saya, saya yakin selesai sesuai target, malah ada lebihnya. Target penyelesaian lebih tinggi disini, karena Dandimnya jagoan, Dandim ini petarung, petarung dalam bekerja maksudnya,” ungkapnya.

Disampaikan Mayjen Supartodi, progress pelaksanaan TMMD dari tahun ke tahun ada peningkatan. TMMD Reguler ke 101 ini, kata Aster Kasad, dilaksanakan secara serentak secara nasional dari Sabang sampai Marauke, termasuk di Kelurahan Pandeyan yang dilaksanakan Kodim 0734/Yogyakarta. TMMD merupakan program pengabdian TNI AD untuk pengabdian kepada bangsa dan negara dengan membantu kesulitan  masyarakat,

“TMMD ini sasarannya harus menyentuh masyarakat mana saja untuk mensejahterakan masyarakat. Kita mengatasi kesulitaan masyarakat dan kesulitan itu bisa kita atasi bersama-sama. Semua komponen bangsa ikut semua dalam TMMD,” tuturnya.

Mayjen Supartodi menjelaskan,  TMMD adalah lanjutan dari program yang dahulunya dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD). Pelaksanaan program TMMD pada prinsipnya sama yaitu bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan mensejahterakan masyarakat. Hanya saja, kata dia, untuk sasaran berbeda-beda di masing-masing daerah  sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Selain Fisik, menurut Aster Kasad, dalam TMMD juga ada program Non Fisik seperti penyuluhan bela negara, cinta tanah air, dan menanamkan patritoisme dalam masyarakat,

“Pembangunan fisik disini cukup bagus. Ini bahkan dilaksanakan sejak pra TMMD untuk mengejar target, karena TMMD sudah ditentukan waktunya, ditentukan sasarannya, ditentukan targetnya, termasuk anggarannya juga ,” tandasnya.

Dalam pelaksanaannya TMMD yang dibuka oleh Pemerintah Daerah, akan ditutup oleh TNI sekaligus pelaporan hasil yang sudah dicapai, terutama untuk pembangunan fisik,

“Pada saat penutupan nanti TNI menyerahkan hasil pembangunan atau hasil TMMD ini kepada Pemda untuk dirawat, untuk dipelihara, biar pemakaiannya lebih panjang lagi dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya Aster Kasad telah menerima pemaparan terkait pelaksanaan TMMD dari Dandim 0734/Yogyakarta selaku Dansatgas TMMD di Makodim Yogyakarta. Usai pemaparan Aster Kasad bertolak ke lokasi pelaksanaan TMMD di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan.

Dalam kunjungannya Aster Kasad dan Danrem 072/Pmk menyempatkan diri turut menjadi peserta donor darah yang diselenggarakan Satgas TMMD bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta di Pos Komando Taktis (Poskotis) TMMD. Selesai mendonorkan darah, Aster Kasad menyerahkan bantuan sembako kepada warga, dilanjutkan meninjau sasaran Fisik TMMD, antara lain meninjau renovasi Rumah Tak Layak Huni (RLTH) dan pembangunan talud bronjong di pinggir Sungai Gajah Wong.

Saat tinjauan di lokasi pembangunan talud, Aster Kasad bahkan sempat turun langsung bersama ratusan Satgas TNI, warga dan relawan dari berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat Yogyakarta bergotong-royong mengangkat batu untuk mengisi bronjong dari kawat besi untuk talud. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.