The Hong Kong Polytechnic University Ikuti Program ISL Bersama UKDW

YOGYAKARTA –  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Kristen Duta Wacana (LPPM UKDW) dan The Hong Kong Polytechnic University bekerjasama melaksanakan Program International Service-Learning (ISL).

Program ISL tersebut dilaksanakan pada 20 hingga 25 Juni 2019  dengan peserta 19 mahasiswa The Hong Kong Polytechnic University. Para peserta didampingi oleh empat supervisor dan tiga mahasiswa pendamping. Lokasi pelaksanaan program ISL ini meliputi wilayah Pedukuhan Pelem, Gebang, dan Gowok, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Ketua LPPM dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D mengatakan,  ISL merupakan awal kerjasama yang sangat baik antara LPPM UKDW dan The Hong Kong Polytechnic University,

“Mahasiswa UKDW yang menjadi peserta KKN iniberasal dari Sembilan Program Studi (Prodi) di lingkungan UKDW. Mahasiswa sangat diharapkan mampu menghadirkan berbagai alternatif solusi terbaik di tengah masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sekaligus belajar tentang kearifan lokal masyarakat dalam mengatasi permasalahan tersebut,” katanya dalam keterangan pers yang diterima redaksi jogjakartanews.com.

Sementara itu Subject LeaderThe Hong Kong Polytechnic University, Pang Chui Ping Phyllis menyampaikan rasa terimakasihnya atas kesempatan bekerjasama dengan LPPM UKDW dalam bentuk pelaksanaan ISL di Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kesempatan ini Pang Chui Ping Phyllis atas nama The Hong Kong Polytechnic Universityjuga menyerahkan sumbangan buku-buku referensi untuk melengkapi koleksi buku referensi di Perpustakaan UKDW yang secara simbolis diterima oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Dr. Charis Amarantini, M.Si.

Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kembali hubungan kerjasama yang dulu pernah dirintis dengan melakukan kegiatan ISL secara bersama-sama antara mahasiswa UKDW dan mahasiswa The Hong Kong Polytechnic Universitydi Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo.

Henry  juga menginformasikan bahwa UKDW selalu terbuka untuk melakukan kerjasama dalam bentuk apapun dengan mitra perguruan tinggi luar negeri, seperti kerjasama yang terjalin dalam 3-4 tahun terakhir ini denganHanseo University-Korea dan Australian National University (ANU)-Australia,

“Disamping KKN Reguler, pada tahun 2019 ini UKDW juga melaksanakan KKN Tematik Luar Jawayaitu KKN Tematik Toba Samosir di Provinsi Sumatera Utara, KKN Tematik Buton Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara dan KKN Tematik Sumba Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Timur,”tambahnya.

Sebelum dilerjunkan ke lokasi ISL, para mahasiswa dibekali pengetahuan terkait kondisi lokasi, potensi wilayah, dan kearifan budaya lokal Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Selain itu para mahasiswa juga dibekali materi terkait pengenalan Bahasa Indonesia dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, kaidah, norma serta etika masyarakat dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

Diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ISL dapat mengenal pola-pola atau kebiasaan komunikasi masyarakat desa yang lazim terjadi di dalam kerangka budaya masyarakat jawa sehingga tidak terjadi shock culture. Selain itu peserta program ISM juga diajak untuk mengikuticulture exposureke obyek wisata bersejarah, diantaranya Kraton Yogyakarta, Tamansari,dan Candi Borobudur. (pr)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com