Unik dan Meriah, Anak PAUD di Prambanan Beradu Kreatifitas dalam Karnaval Satu Nusa Satu Bangsa

SLEMAN – Ratusan anak-anak usia dini di Kecamatan Prambanan mengikuti Karnaval dan Lomba Kreativitas yang diselenggarakan Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Cabang Prambanan, Sabtu (28/09/2019).

Acara karnaval dimulai dari titik start di Lapangan Madurejo dan Finish di Candi Sojiwan.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak mengenakan berbagai busana adat di Indonesia dan kostum unik, diantaranya dari bahan-bahan daur ulang dan dedaunan. Tak hanya itu, kendaraan yang digunakan peserta juga dihias dengan desain yang mencirikan budaya dan adat berbagai daerah di Indonesia.

Ketua HIMPAUDI Prambanan, Triana Sudiati, S.E mengungkapkan, kegiatan Karnaval dan Lomba Kreatifitas dengan tema ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ ini diikuti sekira 800 anak dari sedikitnya 26 lembaga PAUD yang ada di Prambanan. Menurutnya, kegiatan diselenggarakan untuk memperkenalkan lembaga PAUD ke masyarakat,

“Tujuannya Syiar HIMPAUDI dan secara umum memperkenalkan PAUD di Prambanan. Selain itu juga sebagai wujud apresiasi kreativitas lembaga PAUD dan tentunya menyambut program pemerintah kecamatan ramah anak dan layak anak,” ungkapnya.

Salah satu pendamping peserta, Rosita Yuliatun, S.KM, Pendidik SPS Lily Dusun Dinginan, Kelurahan Sumberharjo mengaku sangat bangga melihat semangat, kekompakan dan kreatifitas para pendidik PAUD di Kecamatan Prambanan beserta anak didik dan wali murid,

“Ini kerjasama yang sangat luar biasa dari para Pendidik PAUD di Kecamatan Prambanan bersama anak didik dan melibatkan wali murid  dalam menghasilkan sebuah karya seni. Kegiatan ini sekaligus bisa mengenalkan kepada peserta didik akan keberagaman budaya Indonesia, sesuai dengan tema Karnaval kami hari ini yaitu Satu Nusa Satu Bangsa,” katanya.

Rosita berharap, kegiatan karnaval seperti ini bisa terus diagendakan setiap tahunnya. Ia juga berharap para pendidik HIMPAUDI Kecamatan Prambanan mendapat apresiasi serta support dari pemerintah,

“Kami bisa mempersembahkan kreatifitas dan karya seni di dalam keterbatasan- keterbatasan kami. Saya selaku pendidik sekaligus pengurus Himpaudi Kecamatan Prambanan merasa sangat bangga dan bahagia sekali atas terselenggaranya program kegiatan Karnaval pada hari ini dengan lancar,” ujarnya.

Penilik PAUD Kabupaten Sleman, Jainudin Walid, S.Pd sekaligus salah satu dewan juri menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan HIMPAUDI Kecamatan Prambanan ini sangat positif untuk menjalin kerja sama antara lembaga, orang tua murid dan masyarakat dalam kebersamaan, serta dalam mengelola lambaga PAUD,

“Peran orangtua dan guru sangat menentukan keberhasilan  anaknya. Harapan kegiatan seperti ini menjadi kegiatan rutin tahunan bagi lembaga lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Prambanan. Kegiatan ini menunjukan kebersamaan pengelolaan lembaga PAUD dalam satu kecamatan,” tuturnya.

Walid menjelaskan, dewan juri dalam kegiatan Karnaval dan Lomba Kreativitas Satu Nusa Satu Bangsa ini terdiri dari, Penilik PAUD, Kasi Kesmas Kecamatan Prambanan dan HIMPAUDI Daerah Kabupaten Sleman,

“Kriteria penilaian antara lain, kekompakan tim, kreativitas, kostum atau seragam, dan kemandirian,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut dibuka oleh Camat Prambanan, Drs. Rasyid Ratnadi S., M.Si dengan pelepasan balon. Dalam sambutannya Rasyid menyatakan mengapresiasi dan mendukung Karnaval dan Lomba Kreativitas  Satu Nusa Satu Bangsa yang dihelat HIMPAUDI Kecamatan Prambanan. Ia berharap, para Pendidik PAUD di Kecamatan Prambanan terus berkreatifitas dan berkarya dalam mendidik anak-anak usia dini agar menjadi generasi emas yang akan menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang.

Hadir dalam acara pembukaan Karnaval dan Lomba Kreativitas  Satu Nusa Satu Bangsa antara lain, Bunda PAUD Kecamatan, Ny. Rasyid Ratnadi, serta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspimca) Prambanan, perwakilan dari Kapolsek dan Danramil Prambanan. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.