Bapas Jogja Bangun Kemandirian Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Klien

Yogyakarta – Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(Bapas Jogja)mengadakan bimbingan kemandirian klien berupa bimbingan pertanian tanaman buah dan sayuran di jl pangurakan No 1 Yogyakarta, Jumat (28/08/2020). Pelatihan diikuti tujuh peserta, mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, peserta merupakan klien Bapas Jogja.
Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa, Setyo Wahyudi mengatakan, pelatihan ini menjadi awal kegiatan bagi klien Bapas Jogja selama masa pandemi covid-19. Menurutnya, untuk menanam buah dan sayuran tidak harus membutuhkan lahan yang luas, asalkan ada sinar matahari yang masuk. “Dalam pelatihan ini diberikan materi budidaya buah dan sayuran di lahan sempit (vertikal) menggunakan pot, botol bekas dan polybag yang cocok untuk masyarakat perkotaan,” terang Setyo Wahyudi dalam sambutannya mewakili Kepala Bapas Jogja..
Bimbingan kemandirian klien ini diberikan oleh instruktur dari pelaku usaha tanaman dan buah, Suryanto. Suryanto menuturkan bahwa selain materi budidaya tanaman buah dan sayuran di lahan sempit, peserta juga dilatih dalam pencampuran media dengan bahan yang ada di lingkungan sekitar atau bahan limbah.
“media nya sangat simple seperti bekas media jamur, pupuk kandang, bubuk gergaji kayu, dan pihak kami akan membantu kedepannya untuk penjualan bibit sayur dan buahnya, jadi selain mendapatkan ilmu juga bisa dijadikan usaha mandiri,” tutur Suryanto.
“Melalui bimbingan ini diharapkan seluruh klien Bapas Jogja mampu menanam sendiri tanaman buah dan sayuran, memanfaatkan lahan yang ada di rumah. Dengan begitu kebutuhan keluarga akan terpenuhi dan terjamin keamanannya, kebutuhan dan keamanan  disini yang kami maksud adalah gizi makanan, juga bisa menghasilkan pemasukan untuk tambahan dari hasil kebun sendiri.”tambah Suryanto.
Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diberi bibit tanaman buah dan bibit sayuran seperti seledri, terong,pepaya california, sawi, selada. Selain itu juga diberi polybag, media tanam dan pupuk untuk dipraktikkan di rumah.
Kepala Bapas Jogja, Ali Syeh ditemui setelah mengikuti kegiatan dinas diluar kantor berharap bahwa ke depan teman-teman klien menularkan ilmunya ke lingkungan sekitar yaitu  ilmu budidaya tanaman buah dan sayuran, sehingga memudahkan saling bertukar pikiran dan pengalaman dan kegiatan ini bermanfaat baik untuk klien sendiri, keluarga dan masyarakat.”harapnya
Klien Bapas Jogja(TS) setelah mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan kemandirian sangat bermanfaat untuknya.
“Kami sampaikan terimakasih kepada Bapas Jogja yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan bimbingan kemandirian ini, insyaallah sampai dirumah nanti akan kami praktikan dan kami akan melaporkan perkembangan kegiatan kami,” pungkasnya. (Bon)

Redaktur: Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.