Muncul Wacana Pembangunan Skywalk Sebagai Destinasi Wisata Baru di Kota Yogyakarta dalam Pembahasan Raperda Tata Ruang

YOGYAKARTA – Wacana Pembangunan Skywalk Sebagai Destinasi Wisata Baru mengemuka dalam pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang dan Wilayah di gedung DPRD Kota Yogyakarta Selasa (02/09/2020).

Dalam rapat tersebut, Anggota Pansus Raperda RT/RW DPRD Kota Yogyakarta Fraksi PDI Perjuangan, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP menyampaikan gagasan dan ide besarnya. Ia memandang bahwa Yogyakarta perlu belajar dari Kota Bandung dalam penataan PKL dan menciptakan destinasi wisata baru dengan membangun skywalk cihampelas,

“Kota Yogyakarta juga bisa dibuka ruang untuk membangun skywalk yang disesuaikan dengan kondisi lokal untuk dimasukkan dalam konsep rancangan raperda rencana tata ruang dan wilayah,” tuturnya.

Fokki menjelaskan, dengan latar belakang bahwa dengan akan dijadikannya kawasan Jl.Jenderal Sudirman sisi timur perempatan gramedia sebagai kawasan pedestrian yang akan dibiayai oleh Dana Keistimewaan Danais maka akan berkonsekwensi terhadap keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang ada disana,

“Disamping itu Kota Yogyakarta dengan keluasan 32,5 km2 maka harus membuka ruang ke atas atau ke bawah dalam menata wajah kota yang juga harus disinkronkan dengan kepentingan DIY dan pusat,” tukas Fokki.

Dalam rapat bersama tersebut, Tim Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dipimpin oleh Assek Bidang Perekonomian Pemkot Yogyakarta, Kadri. Seusai pemaparan dari Bappeda Kota Yogyakarta, usulan Fokki didiskusikan dan disambut baik oleh tim Pemkot Yogyakarta yang hadir.

“Usulan saya akan dibahas oleh tim untuk dapat dimasukkan dalam draft raperda. Dalam kesempatan itu juga ada gagasan untuk lokasi pembangunannya berada di atas Jl. Prof Herman Yohanes dan bisa dibiayai oleh Danais sebagai kawasan penyangga sumbu imajiner sebagai kawasan strategis,” tutup Fokki. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.