Dandim Sleman Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

SLEMAN – Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana S.H.,M.,Han memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam dalam rangka memperingati bulan pengurangan resiko bencana 2020 di lapangan Pemda Sleman,Senin (26/10/20). Apel dihadiri pejabat FKPD, Personel TNI-POLRI, BPBD, Dishub, Pol PP, Damkar dan instansi serta pejabat terkait lainnya. 

Dalam sambutannya Letkol Arief menyampaikan,apel ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam tahap pra bencana, yang didalamnya termasuk peningkatan kesiapsiagaan seluruh elemen terkait, peningkatan pelayanan bencana yang cepat dan tepat terhadap masyarakat,

“Seperti kita ketahui bersama negara kita berada di tiga lempengan dunia yaitu eurosia,indo-austaralia dan lempeng pasifik,atau Pasific Ring Of Fire. Oleh sebab itu wajar jika Indonesia merupakan wilayah yang sering terjadi seperti gempa tektonik, tsunami, dan gunung meletus,” tuturnya.

Selain itu, kata Letkol Arief, Indonesia beriklim tropis yang memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor serta kemarau mengakibatkan kekeringan dan kebakaran hutan.

“Untuk mengurangi dampak resiko saya mengajak peserta apel untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dengan meningkatakan budaya aman bencana,serta meningkatkan kesiapsiagaan dan tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam usaha pencegahan dan penanggulangan bencal,” Ucapnya.

Selain itu ia juga menghimbau agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan,

“Bahwa Covid-19 masih tinggi penyebaranya untuk itu diperlukan sinergitas baik itu Pemda TNI-Polri serta masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,”tutupnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.