Edutek  

Tim Robot UGM Juara 2 KRSBI Humanoid KRI Wilayah I 2021

YOGYAKARTA- Tim robot Alfarobi dari UGM berhasil menyabet juara dua dari ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) untuk Wilayah I 2021 pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.

KRI Wilayah I telah berlangsung secara daring sejak 24-25 September 2021. Dalam kompetisi wilayah I ini diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi.
 
Ketua Tim Robot Alfarobi UGM, Christophorus Galang Wijanarko mengatakan KRSBI Humanoid mempertandingkan tiga kategori yaitu lomba lari, menggiring bola, dan kerja sama dua robot memasukkan bola dalam gawang. Sebelum bertanding di KRI Wilayah I, tim Alfarobi UGM melakukan sejumlah persiapan tim dan robot seperti programming dan melakukan latihan arau simulasi. Lalu, mensetting kondisi robot dan lapangan seoptimal mungkin layaknya saat latihan. 
 
Ia mengungkapkan tim intens melakukan latihan untuk mendapatkan performa yang maksimal saat lomba. Namun, disisi lain frekuensi latihan yang cukup intens membuat beberapa bagian robot mengalami kerusakan. Kondisi tersebut harus segera diatasi dengan dengan cepat mengganti dan memelihara ulang bagian yang mengalami kerusakan.
 
“Karena sering digunakan untuk latian, ada beberapa bagian robot yang mulai mengalami cidera maka harus dengan cepat diganti dan di maintenence ulan. Tantangannya suku cadang dari bagian robot ini sangat minim dan jika untuk pembelian memerlukan waktu yang lama serta biaya yang besar,” paparnya saat dihubungi Minggu (26/9).
 
Karenanya tim dituntut untuk dapat mengelola suku cadang dengan baik. Selain itu juga merawat suku cadang yang ada agar robot dapat tampil optimal saat lomba.
 
Christo menceritakan saat bertanding di kategori kerja sama robot, robot Alfarobi UGM menghadapi kendala karena terdapat komponen robot yang mengalami kerusakan. Hal tersebut menjadikan robot UGM tidak dapat menyelesaiakan perlombaan dengan baik di kategori tersebut.
 
Oleh sebab itu, dari tiga kategori KRSBI Humanoid, tim Alfarobi UGM baru berhasil menyumbangkan juara dari dua kategori. Pertama dari kategori lomba lari meraih juara tiga. Lalu dari kategori menggiring bola berhasil menyabet juara pertama.
 
Berkaca dari kontes di tingkat wilayah, Christo menyampaikan bahwa timnya akan terus berupaya melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada robot Alfarobi agar dapat berkompetisi dengan maksimal di tingkat nasional nantinya. Keberhasilan yang diraih menghantarkan tim Alfarobi UGM melaju menuju KRI tingkat Nasional pada bulan Oktober 2021. 
 
“Kami akan memperbanyak maintence dan latihan. Harapannya di nasional nantinya bisa masuk tiga besar di semua kategori, terutama kategori menggiring bola bisa membawa pulang juara 1,” tuturnya. (pr/kt1)
 
Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *