Mau Liburan Sekolah Tanpa Takut Terpapar Covid? Berikut Tipsnya

YOGYAKARTA-Libur sekolah telah tiba. Lalu bagimana sebaiknya mengisi libur sekolah agar tetap seru dan aman di tengah pandemi Covid-19? Psikolog dari UGM, Dr. Diana Setiyawati, M.HSc.Psy., menyampaikan bahwa liburan ditengah pandemi perlu disiapkan dengan baik oleh keluarga,

“Hal yang harus dipersiapkan adalah membuat program kreatif terencana untuk family time. Misalnya main quiz bersama, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga,” paparnya, Senin (27/12).

Agar liburan tetap terasa liburan bagi siswa, Dosen Fakultas Psikologi UGM ini menyarankan orang tua untuk merencanakan rutinitas yang berbeda dari biasanya agar liburan benar-benar terasa libur bagi anak . Sebab sejak pandemi Covid-19 menjadikan kondisi pembelajaran siswa berbeda dengan sebelum pandemi begitupun dengan liburan sekolah,

“Jika ada tugas yang diberikan sekolah semasa libur, tugas-tugas yang ada bisa dimaksimalkan dikerjakan bersama keluarga,” tuturnya.

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini menuturkan liburan tidak harus diisi dengan berlibur ke luar rumah terlebih saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19. Namun jika akan berlibur ke luar rumah Diana mengimbau untuk berlibur dengan memilih dsetinasi wisata yang aman. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman serta pemilihan waktu yang tepat.

Apabila ingin menghabiskan waktu liburan dengan tetap di rumah, Diana mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga. Selain membuat acara seru bersama keluarga seperti memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan dirumah juga dapat diisi dengan mengikuti program online. Misalnya piknik online, bioskop online dan kegiatan seru online lainnya.(pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com