Bus Pariwisata Tabrak Tebing di Imogiri Bantul, 13 Penumpang Meninggal Dunia

BANTUL – Bus Pariwisata mengalami Kecelakaan di Jalan Mangunan, Wukirsari, Imogiri Bantul, Minggu (06/02/2022) sekira  Pukul 14.00 WIB. 13 penumpang dikabarkan meninggal dunia. 

Saat kecelakaan terjadi, cuaca tengah turun hujan. Bus Pariwisata bernomor polisi AD 1507 EH berwarna hijau corak putih tersebut melaju di jalan menurun. Saat itu, Bus diduga mengalami kendala pada rem dan menghantam tebing sisi kanan, dekat Bukit Begi, Kedung Guweng.

Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Gunawan, mengatakan menurut keterangan sejumlah saksi, Bus yang memuat rombongan wisatawan dari Solo, Jawa Tengah tersebut, hendak menuju kawasan wisata Pantai Parangtritis. Sampai lokasi kejadian, bus menabrak pembatas jalan sampai akhirnya terjadi kecelakaan,

“Karena kecepatan dari atas, lalu banting stir (ke kanan), menabrak tebing,” kata Gunawan.

Kepala Unit Penegakan Hukum Satlantas Polres Bantul Iptu Maryono menambahkan, berdasarkan laporan anggotanya di sejumlah rumah sakit,  korban meninggal dunia dalam kecelakaan bus pariwisata itu sebanyak 13 orang.

“Laporan anggota di rumah sakit.  Penumpang bus ada 42 orang. Yang meninggal dunia 13 orang,  lainnya luka-luka,” kata Maryono di lokasi kejadian.

Maryono mengatakan korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan tragis di Jalan Mangunan, Imogiri itu dievakuasi ke tiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, PKU Muhammadiyah Bantul, dan Rumah Sakit Nurhidayah.

“Adapun yang luka ringan ringan dirawat di Puskesmas Imogiri,” ujar Maryono.

Sementara, seorang saksi mata yang melihat kecelakaan tersebut,  Muhammad Elko (36) warga Imogiri mengatakan  saat kejadian ia tepat di berada di depan bus yang mengalami kecelakaan. Mobil yang dia kemudikan berhenti karena ada mobil di depannya mogok dan meminta bantuan,

“Ternyata ada bus kecelakaan, saya menelepon Polsek Imogiri,” ujarnya.

Sesaat setelah kejadian polisi, Basarnas, sukarelawan, dan warga langsung melakukan evakuasi korban. Beberapa mobil ambulans didatangkan untuk melarikan korban ke rumah sakit. Kondisi bus yang ringsek diamankan polisi sembari mengatur laju lalulintas di sekitar tempat kejadian. (kt2)

Redaktur: Hamzah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.