Jumat, 18/03/2022 19:09 WIB | Dibaca: 200 kali

Jajal Industri Musik, Khocil Birawa Rilis Dua Lagu Perdananya


AM Kuncoro bersama Khocil Birawa pada acara peluncuran 2 lagu perdana Khocil Birawa . Foto: ist

YOGYAKARTA - Khocil Birawa, sososk yang selama ini dikenal sebagai teaterwan dan juga wartawan senior yang fokus meliput dan mengangkat seni dan budaya Yogyakarta, kini menjajal dunia musik. Ia merilis dua lagu sekaligus, yang betjudul “Salam Jempol”, dan “Sarapan” ciptaan sahabatnya, AM Kuncoro.

Kedua lagu tersebut dirilis oleh label musik Prima Founder Records melalui acara peluncuran yang digelar pada Rabu (16/03/ 2022) kemarin di Oasa Cafe & Resto, Kota Yogyakarta.

Aksi panggung Khocil Birawa membawakan dua lagu perdananya di acara tersebut berhasil mengocok perut para hadirin, suasana makin dimeriahkan oleh penampilan dari AM Kuncoro, Sri Krishna, Yuliono Singsot, the Grindzsman, ErDonas, Anesh Kelik, Bram Kobam, Jedink Alexander, dan artis penyanyi lainnya. Acara dihadiri oleh para seniman lintas seni, dipandu oleh MC kondang Jogja Aldo Iwak Kebo.

AM Kuncoro pada acara tersebut mengatakan lagu Salam Jempol, dan Sarapan memang sangat sesuai dibawakan oleh Khocil Birawa,

"Sebagai seniman teater, Khocil Birawa telah memiliki bekal olah vokal yang baik, dan memiliki image yang sangat kuat. Kepribadian yang ia miliki juga sangat tepat untuk membawakan lagu dengan pesan moral yang kuat tersebut, secara kocak dan menyenangkan." ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (18/03/2022).

Menurutnya, lagu Salam Jempol, dan Sarapan diproduksi di studio musik Prima Founder Records, Maya Sari Devi sebagai Eksekutif Produsernya, dan diproduseri oleh Rulli Aryanto bersama AM Kuncoro, serta Andreas jadi produser musiknya. Untuk Vocal Tracking lagu-lagu tersebut dikerjakan oleh Arko.

Mengenai lagu Sarapan, AM Kuncoro menjelaskan, sarapan merupakan salah satu kebiasaan baik yang dimiliki bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang dahulu, karena sarapan merupakan kunci pola dan gaya hidup sehat untuk sepanjang hari. Namun kondisi masyarakat modern saat ini banyak orang yang tidak membiasakan membekali diri dengan sarapan di pagi hari, atau sarapan secara sembarangan saja. Situasi tersebut mendorong Pemerintah untuk mengkampanyekan sarapan melalui Pekan Sarapan Nasional (PESAN) pada tanggal 14 – 20 Februari setiap tahunnya.

AM Kuncoro merasa tergugah untuk mengangkat hal tersebut ke dalam lagu berjudul Sarapan. Lagu Sarapan ia kemas dalam lirik berbahasa Jawa yang lucu dengan irama yang mudah diingat oleh siapapun yang mendengarnya.

“Semoga pesan dari kedua lagu ini dapat tersampaikan dengan baik dan disukai semua kalangan masyarakat, terutama para penggemar lagu-lagu Jawa,” kata AM Kuncoro.

Pada kesempatan yang sama, Rulli Aryanto, salah seorang pendiri Prima Founder Records mengatakan, ”Intuisi kali ya, hahaha ? Awalnya saya ketemu dengan Pak Khocil saat kami lagi ngopi bareng dengan AM Kuncoro di studio Prima Founder Records. Saat itu saya pandang wajahnya Pak Khocil, kok intuisi, saya bilang "ambil". Spontan aja saya bilang nyanyi ya Pak Khocil, nanti Mas Kun buatin lagunya. Hahahahaha, gayung bersambut, beliau langsung jawab, ayo tapi musiknya congdut, keroncong dangdut. Alhasilnya, 2 lagu, Salam Jempol, dan Sarapan.”

Bagi Rulli Aryanto, berbicara soal kesuksesan, Khocil Birawa itu sudah sukses, karena Khocil Birawa adalah sosok Pahlawan Pelestari Budaya. Jadi tidak ada target apa-apa bagi Prima Founder Records dalam merilis dua lagu perdana bagi Khocil Birawa. Bisa melahirkan karya lagu bersama Khocil Birawa sudah menjadi sebuah kesuksesan dan kebahagian yang luar biasa bagi Rulli Aryanto dan AM Kuncoro.

“Kesuksesan itu ada pada berhasilnya melahirkan karya yang tak henti-henti. Semua indah dengan waktunya Tuhan, kita berkarya saja sesuai bagian kita. Kami optimis lagu Salam Jempol, dan Sarapan juga dapat diterima oleh para penikmat musik, karena lagu-lagu tersebut sangat menghibur. Salam Jempol dan Sarapan sudah bisa dinikmati di YouTube Music, Langit Musik, dan semua platform musik digital,” kata Rulli Aryanto. (pr/kt1)

Redaktur: Hamzah

 

Berita Terkait

 

Baca Juga