Gelaran Kompetisi PYRO 2022 IATMI SM UP45 Lahirkan Intelektual Baru Bidang Migas

YOGYAKARTA – Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP 45) kembali menunjukkan kiprahnya dalam pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang energi di kancah nasional dengan menggelar Petroleum Young Engineer Competition (PYRO) 2022.

Kagiatan yang diselenggarakan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa UP 45 (IATMI SM UP45)  tersebut berlangsung pada tanggal 21 Maret 2022 – 10 April 2022 kemarin.

Sekretaris Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M. menuturkan, Ajang bergengsi berupa kegiatan lomba paper conference ini, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.  

Menurutnya, PYRO tahun ini mengambil tema “Optimalisasi Proyek Industri Minyak dan Gas Sebagai Sarana Dalam Membantu Membangun Negeri”.

“Acara ini bertujuan untuk menunjang wawasan dan meningkatkan kompetensi antar mahasiswa seluruh Indonesia. Diharapkan PYRO 2022 IATMI SM UP 45 ini bisa melahirkan intelektual-intelektual Migas baru yang akan membantu membangun negeri,” tuturnya kepada jogjakartanews.com, Minggu (24/04/2022).

Dekan Fakultas Teknik UP 45 Dr Sugeng Riyono, M.Phil mengatakan, PYRO paper competition sebagai ajang asah pemahaman teknologi migas dan panas bumi dapat dikembangkan ke arah transisi energi fosil ke energi baru terbarukan.

“Tim PYRO, tentu harus kuat dari aspek teknologi terkini dalam mendalami aplikasi Iptek. Namun, Tim PYRO dapat pula dibangun oleh Tim mahasiswa dari kelompok keilmuan sosial humaniora, ekonomi dan hukum, karena kebutuhan transformasi energi sangat memerlukan pemahaman komprehensif dari berbagai aspek keilmuan. Bahkan keberadaan masyarakat tradisional tidak boleh dibiarkan tertinggal dan tersisihkan dengan hadirnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas dan panas bumi,” terangnya.

Ketua IATMI SM UP45 Tri Lestari Puji mengatakan PYRO ini merupakan salah satu agenda utama yang diadakan setiap tahun dalam IATMI SM-UP45. PYRO 2022 ialah ajang perlombaan mahasiswa dengan skala nasional.

“PYRO IATMI SM UP 45 dengan berskala nasional ini baru berjalan pada tahun 2020. Seluruh mahasiswa di Indonesia dapat mengikuti kegiatan ini. Dimana maksud dari kegiatan PYRO ini ialah menambah wawasan dan kompetensi mahasiswa, mampu berpikir kritis dan juga mempersiapkan mahasiswa sebagai ahli dalam bidangnya. Dan untuk juara 1 sampai 3 akan dilakukan publikasi pada jurnal offshore,” terangnya.

Tema yang diangkat, yaitu Optimalisasi Proyek Industri Minyak Dan Gas Sebagai Sarana Dalam Membantu Membangun Negeri, bertujuan untuk menunjang wawasan dan meningkatkan kompetensi antar mahasiswa seluruh Indonesia.

“PYRO 2022 ini diperuntukkan oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Ini adalah kegiatan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia sebagai salah satu pusat kegiatan mahasiswa yang mendedikasikan diri pada bidang minyak dan gas, memiliki tanggung jawab bersama untuk mengembangkan bidang keilmuan minyak dan gas,” ujarnya.

Tri Lestari memaparkan, pengetahuan tentang minyak dan gas alam sangat penting untuk kita ketahui, mengingat minyak bumi dan gas alam adalah suatu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Di sisi lain penggunaan sumber energi ini dalam kehidupan kita sehari-hari cakupannya sangat luas dan cukup memegang peranan penting atau menguasai kebutuhan hidup orang banyak.

“Sebagai contoh minyak bumi dan gas alam digunakan sebagai sumber energi yang banyak digunakan untuk memasak, kendaraan bermotor, dan industri, kedua bahan bakar tersebut berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme sehingga disebut bahan bakar fosil. Selain bahan bakar, minyak dan gas bumi merupakan bahan industri yang penting,” imbuhnya.

Dikatakan Tri, bahan-bahan atau produk yang dibuat dari minyak dan gas bumi ini disebut petrokimia. Baru-baru ini puluhan ribu jenis bahan petrokimia tersebut dapat digolongkan ke dalam plastik, serat sintetik, karet sintetik, pestisida, detergen, pelarut, pupuk, dan berbagai jenis obat.

“Sehingga sebagai konsumen dari energi tersebut wajib bagi kita sebagai sivitas akademika dalam mengoptimalisasi penggunaan sumber energi minyak dan gas bumi untuk ketahanan energi Indonesia,” katanya.

Tri menyampaikan, dari banyaknya peserta yang mengikuti PYRO diseleksi menjadi 5 Peserta. Antara lain peserta dari  ITB, Alief Rachman, Albertus S, Iqbal Tri Wibitama. Peserta UI; Farhan Palgunadi, Auzan Luthfi Laksono, Aisyarini Vanesha Aji. Peserta UPNVYK; Haris Ihsanto, Iqbal Nuzli, Malika Abimanyu. Peserta UII; Putra Nur Gimantara, Habib Rifa’I, Bagus Herlambang dan Peserta PEM Akamigas Cepu; Eryko. Untuk juara PYRO Paper Conference 2022 Terpilih antara lain Eryko tim dari PEM Akamigas, TimTam tim dari UI dan Barokah tim dari ITB. Acara Penutupan PYRO 2022 sekaligus pengumuman juara dilaksanakan secara daring.  (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.