Jelang Rakernas, Nasdem Bakal Ajukan Nama Capres 2024, Siapa Saja?

JAKARTA – Bursa calon presiden (Capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahum 2024 di internal Partai NasDem mulai digelar.

Dikabarkan saat rapat kerja nasional (Rakernas) pertengahan Juni mendatang, nama-nama Capres akan disodorkan kepada Ketum NasDem,Surya Paloh.

Tiga nama kepala daerah diprediksi akan masuk dalam daftar yang bakal diajukan.

Meski belum secara resmi dirilis, namun Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menduga ada 3 nama gubernur yang akan diajukan. Yaitu, Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat).

Adi menjelaskan NasDem merupakan partai yang terbuka sehingga lebih realistis dalam mengusung seseorang untuk maju Pilpres. Nama-nama tersebut diduga kuat akan masuk dalam daftar capres yang akan disodorkan ke Surya Paloh.

“(NasDem) Pasti realistis memunculkan nama-nama yang punya elektabilitis tinggi dan kemungkinan leading di Pilpres,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta Selasa (03/05/2022).

Ganjar masih tetap menjadi komoditas papan atas Pilpres 2024 karena sejauh ini elektabilitasnya menjulang dan masih berjuang mencari tiket.

“Dalam konteks itu NasDem kepincut Ganjar. Andai PDIP tak majukan Ganjar, sangat mungkin Ganjar didukung NasDem dengan catatan Ganjar mau,” ujarnya.

Sedangkan Anies, kata Adi punya korespondensi historis dengan NasDem sebelum NasDem jadi partai. Termasuk faktor elektabilitas Anies yang masuk 3 besar di survei. Lalu Ridwan Kamil karena dalam Pilgub Jabar diusung NasDem

“NasDem all out menangkan Ridwan Kamil. Tentu termasuk elektabilitas Ridwan Kamil yang masuk 5 besar survei,” imbuhnya.

Selain tiga nama gubernur tersebut, Adi menilai nama Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga bisa masuk dalam daftar. Sandi dinilai bisa menggeser posisi Ridwan Kamil, karena menjadi komoditas Pilpres.

“Karena Sandi masuk 4 besar survei dan belakanhan jadi komoditas Pilpres. Problemnya Sandi masih bagian penting dari Gerindra,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menjelaskan rakernas digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam Rakernas yang mengundang ribuan kader NasDem itu, akan ada penyerahan tiga nama capres 2024 ke Ketum NasDem, Surya Paloh. (pr/rd3).

Redaktur: Hamzah

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.