Edutek  

Mungkin Cocok Untuk Anda, Ini Tips Merintis Usaha Baru Usai Pandemi

PADA masa pandemi covid-19 kita sering mendengar banyak karyawan yang dirumahkan. Akibatnya, banyak yang mencari alternatif pekerjan untuk menyambung hidup. Namun rata-rata orang banyak mencari pekerjaan bukan mencoba menciptakan pekerjaan.

Jarang sekali yang berani melangkah untuk membuat bisnis rintisan (Startup). Kendalanya tentu klise, kurang modal. Bagaimana mungkin usaha tanpa modal, apalagi baru kena PHK atau dirumahkan.

Pada awalnya semua orang mungkin berpikir membuat bisnis rintisan adalah sesuatu yang sulit. Itu tidak salah. Tidak ada yang mudah untuk membuat Startup, apalagi kalau hanya itu cuma ada dalam pikiran saja. Kok bisa? Dalam pikiran saja susah apalagi kalau dilaksanakan? Eits. Jangan buru-buru mengatakan itu.

Terkadang semua yang kita pikirkan memang berat, tapi ternyata kadar berat itu bisa terurai ketika kita mau melaksanakan ide dan gagasan kita.

Beberapa tips memulai startup berikut mungkin bisa membantu anda untuk merealisasikan Startup:

Mulailah Dengan Rencana yang Matang

Setiap perusahaan yang baik dimulai dengan rencana yang baik. Menulis rencana bisnis untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang menakutkan, tetapi ini sebenarnya tentang menuliskan apa yang ada di kepala Anda untuk memulai. Ini harus mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Bagian jangka pendek dari rencana bisnis Anda harus mencakup perincian tentang apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana Anda akan melakukannya. Rencana jangka panjang untuk mengembangkan startup Anda dengan cepat bisa lebih fleksibel, tetapi Anda harus menargetkannya seakurat mungkin.

Kemungkinan Anda akan mengubah rencana Anda ke depan. Itulah yang dimaksud dengan pivot, dan itulah yang dapat membuat startup sukses.

Mulailah Membuat Jaringan

Jaringan profesional adalah jalan ke depan. Bisnis adalah tentang jaringan yang Anda miliki karena jaringan Anda akan mendorong perusahaan Anda ke tingkat berikutnya.

Untuk memasarkan produk dan jasa selama ini dari mulut ke mulut, artinya berjejaring. Namun cara dari mulut ke mulut tentu jangkauannya relatif terbatas. Saat ini 88% orang mempercayai ulasan dari konsumen online sama seperti mereka mempercayai rekomendasi dari keluarga dan teman. Anda perlu memulai jaringan untuk semua ulasan yang tepat.

Anda juga harus mulai berjejaring karena ini dapat mengubah Anda menjadi banyak talenta hebat di masa depan. Perusahaan besar cenderung memiliki talenta terbaik karena talenta itu tidak pernah mencapai pasar terbuka. Mereka ada di sana untuk memburu bakat ini dan mengklaimnya sebelum orang lain bisa.

Mencari Orang yang Tepat

Menjalankan bisnis itu sulit dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki semua orang yang tepat di sekitar Anda. Mentor dan mitra strategis akan menjadi sangat penting selama fase pertumbuhan awal ini. Tim yang tepat dapat membantu Anda mencapai jauh lebih banyak daripada yang dapat Anda lakukan sendiri.

Jika Anda ingin mengubah bisnis Anda, Anda memerlukan tim yang tepat. Bagian dari itu turun ke jaringan, tetapi juga tentang mempekerjakan orang yang tepat di tempat pertama.

Bangun lingkungan di mana setiap orang berpartisipasi sehingga Anda dapat membentuk budaya perusahaan yang positif. Bersama-sama, Anda dapat mencapai banyak hal.

Berinovasi dalam Tren Baru

Untuk menjadi sukses, Anda harus mampu berputar dan mengikuti tren terbaru. Ada begitu banyak perusahaan yang punah hanya karena mereka tidak bisa mengikuti apa yang sedang terjadi di bidangnya. Pastikan Anda mempelajari pesaing Anda dan tren utama di industri Anda.

Anda tidak harus bereaksi terhadap setiap perubahan, tetapi ketika Anda menemukan perubahan yang tepat, Anda harus menerimanya untuk menjadi sukses.

Pertahankan Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan

Keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan harus kira-kira sama. Sulit sebagai pemilik startup untuk melepaskan diri dari bisnis Anda. Bagaimanapun, ini adalah bayi Anda dan sulit untuk meninggalkannya sendirian selama satu detik. Namun, Anda bisa dan harus.

Mempertahankan hobi dan waktu senggang Anda akan membuat Anda merasa segar lebih lama dan membantu Anda menghindari kelelahan. Bisnis Anda dapat berjalan tanpa Anda untuk sementara waktu, baik melalui auto-pilot atau pendelegasian pekerjaan.

Pendiri startup yang ingin sukses harus mampu berubah seiring waktu, menjaga keseimbangan yang sehat, dan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang tepat. Bahkan dengan lima strategi ini, tidak pernah ada jaminan kesuksesan. Kegagalan startup sangat umum, dengan 90% dari startup gagal dalam waktu lima tahun, tetapi dengan mengadopsi strategi ini, Anda meningkatkan peluang Anda untuk sukses. (*)

Kontributor: Rere

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.